Doludolu_Pramuka_Penggalang_SD

Kegiatan Penggalang di SD Xaverius Metro

Apakah Pramuka itu..? Jenis “binatang” apakah ia..? Berbahaya untuk anak-anak..? Apakah mengandng doktrin aliran sesat..? Dan… apakah Pramuka masih ada..?

Bagi generasi saya, yang saat menempuh Sekolah Menengah Pertama pada tahun 80-an, kata “Pramuka” tidaklah asing. Semua anak tahu bahwa Pramuka merupakan singkatan dari Praja Muda Karana. Selalu mempunyai kegiatan hampir setiap minggu. Sangat mengenal arti bermain semaphore, morse, dan baris-berbaris.

Kenal dekat dengan yang namanya “tenda”, dan “lampu badai”. Dan asiknya, punya seragam yang sama di seluruh Indonesia, dengan atribut utama adalah kain kacu berwarna merah-putih, beberapa emblem yang tertata di dada dan lengan baju, serta peluit dan talinya. Ohya, ada pisau dan tali yang terpasang rapi di pinggang.

Saya mengenal Pramuka sejak Sekolah Dasar, saat itu di SD Xaverius Metro, dan kegiatan yang diajarkan adalah baris berbaris, tatacara upacara, semaphore dan morse. Perkemahan Sabtu-Minggu (persami) pun dialami, walau relatif jarang. Dan kegiatan terbesar yang pernah diikuti saat itu adalah “Itajamnas“, atau Ikut Serta Jambore Nasional, yang merupakan kegiatan perkemahan se-Kecamatan bersamaan waktunya dengan Jambore Nasional III Cibubur tahun 1981.

Kegiatan saat itu merupakan ajang besar pertama (dan terakhir) saat mengikuti kegiatan Pramuka di Sekolah Dasar. Dan yang teringat adalah: saya menjadi wakil Gugus Depan dalam lomba Membaca Quran… Antiknya adalah melihat SD dimana saya berada, dan lomba yang saya ikuti… *smile*

Meneruskan sekolah di strata berikutnya, SMP Negeri 1 Metro, Pramuka adalah kegiatan utama. Tentunya pada strata Penggalang. Gugus Depan tempat saya bernaung bernomor LT-A03 (untuk putri LT-A04) dan pasukan kami bernama Pasukan Trisula Pamungkas.

Kegiatan apa saja yang dialami saat SMP ini… mmm… buanyak. Dari berbagai kegiatan rutin (yang TIDAK menjemukan) di Gugus Depan, hingga beberapa Lomba Tingkat (LT) hingga kegiatan Nasional di Cibubur (Dianpinrunas).

Masuk aktif mulai kelas 1, dan keterusan hingga kelas 3. Dan perioda 3 tahun ini, yang tentunya sangat singkat, ternyata sangat menjerat dalam… :D

Apa sih yang mengasyikkan dalam Pramuka..? Jika saya diminta menjawab pertanyaan ini, saya akan katakan: banyak dan tak hingga… hehe…

Pramuka Penggalang mengenal janji, yaitu Trisatya, dan kode moral, yaitu Dasa Dharma. Sekedar mengingat:

TRISATYA Demi kehormatanku, aku berjanji akan bersungguh sungguh:

    • 1. Menjalankan kewajibanku kepada Tuhan Yang Maha Esa, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Mengamalkan Pancasila;
    • 2. Menolong sesama hidup dan mempersiapkan diri membangun masyarakat;
    • 3. Menepati Dasa Dharma

Sedangkan Dasa Dharma Pramuka:

    • 1. Taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
    • 2. Cinta alam dan kasih sayang kepada manusia
    • 3. Patriot yang sopan dan ksatria
    • 4. Patuh dan suka bermusyawarah
    • 5. Rela menolong dan tabah
    • 6. Rajin, trampil dan gembira
    • 7. Hemat cermat dan bersahaja
    • 8. Disiplin, berani dan setia
    • 9. Bertanggung jawab dan dapat dipercaya
    • 10. Suci dalam pikiran, perkataan dan perbuatan

Janji dan kode moral yang sangat mendalam bagi saya, mampu mendasari banyak hal yang saya lakukan, bahkan hingga kini saat saya tidak lagi menjadi anggota Pramuka (off sejak SMA).

Doludolu_Pramuka_Penggalang_SMP

Kegiatan Penggalang saat di SMP Negeri 1 Metro, Gudep LT-A03/04 Pasukan Trisula Pamungkas

Doktrin yang terstruktur dan mendalam, pembinaan yang teratur dengan pencapaian sesuai dengan SKU (Syarat Kecakapan Umum) dan SKK (Syarat Kecakapan Khusus) untuk mendapatkan tanda kecakapan umum (TKU) dan tanda kecakapan khusus (TKK). Suatu proses yang tidak instan, tetapi bertahun-tahun secara konsisten dan diuji langsung di lapangan.

Semua kegiatan selalu ada unsur kepemimpinan, kerjasama, ketrampilan, kompetisi, dan kepedulian baik pada Sang Pencipta, pada sesama maupun pada alam dan lingkungan. Mensyukuri keberagaman dan menjadikannya kekuatan bersama. Unsur-unsur ini menyatu dan berkesinambungan.

Dan, sekali lagi, pastinya tidak instan… *smile*

Setidaknya itu yang saya rasakan, dan tetap tertanam hingga sekarang. Periode “pendidikan” dan “pembinaan” yang relatif singkat tetapi mampu membuat dasar dalam pemikiran dan tindakan…

Tidak mungkin saya tuliskan semua yang saya alami saat itu dan pertahankan sampai sekarang, mungkin dibanyak waktu kedepan dalam tulisan saya lainnya akan bisa tertuang.

Saya bangga pernah menjadi Pramuka, dan insya Allah jiwa saya tetap berjiwa Pramuka.

Selamat Ulang Tahun untuk Gerakan Pramuka tercinta, 14 Agustus 2011. Ini adalah tahun ke-50 Gerakan Pramuka. Mari rekan-rekan yang berjiwa Pramuka, kita tumbuh-kembangkan semangat kepramukaan kita untuk menjadikan negeri kita lebih baik lagi, dengan aksi nyata.

Dirgahayu Gerakan Pramuka

Salam Pramuka..!!

*/ salam persaudaraan untuk Pasukan Trisula Pamungkas dimanapun kalian berada di muka bumi saat ini…

About these ads