Tags

, , , , , , , , , , , ,


Sistem Informasi Geografis sering diartikan sebagai suatu integrasi dari perangkat keras dan lunak berserta manusianya yang dapat membantu dalam merepresentasikan dan menganalisis data berbasis geografi.

Sistem ini mereferensi sistem koordinat dunia-nyata. Suatu SIG dapat juga untuk menyimpan data atribut yang mengandung informasi yang menjelaskan fitur pada peta. Informasi ini biasanya diletakkan terpisah dari data grafis, dalam suatu file database, tetapi tetap terkait dengan data grafis yang ada.

SIG dapat juga didefinisikan sebagai suatu sistem komputer yang dapat membuat, menyimpan, memanipulasi, dan menampilkan informasi yang bereferensi geografis.

Untuk mendefinisikan WebGIS kita dapat menggunakan definisi yang sama tetapi kita harus menambahkan komponen web kedalamnya.

Sebagian pihak mendefinisikan sebagai suatu sistem yang kompleks yang dapat diakses melalui internet, untuk mengakuisisi, menyimpan, mengintegrasikan, memanipulasi, menganalisis dan menampilkan data tanpa memerlukan perangkat lunak SIG.

*/ Modul/buku + Data praktik dapat diunduh dengan klik disini (1.7 MB).


Disalin dari:
Buku Membangun WebGIS yang Portable dengan ALOV Map, Penulis: Hartanto Sanjaya, pada buku bahan pelatihan NBIN – LIPI – BIOTROP, 2004 – 2005.

Advertisements