Libur panjang, kebahagiaan tersendiri bagi anak-anak yang sedang mengenyam sekolah. Itu artinya istirahat sejenak dari rutinitas. Gimana bagi ortu-nya? Ini jadi masalah baru, karena tentunya harus nyedia-in waktu khusus untuk ndampingi anaknya.

Alta (kelas 2 SD) n Qila (TK A) mulai libur 24 Desember 2005. Sementara kondisi gw juga lagi super padat, maklumlah akhir tahun semua kegiatan harus segera selesai (mencari pemakluman sendiri, ehm).

Qila masih lumayan, dari sekolah dibekali buku yang berisi aneka kegiatan antara lain menulis, menggambar, dan lain-lain. Dan dia seneng dengan kegiatan ini. Kalo buku sudah penuh bisa diperpanjang dengan buku lainnya yang serupa. Sip, satu masalah selesai.

Gimana dengan Alta?

Dia punya hobi main lelarian, mobilan, dan main game mobil di komputer. Tapi kondisi ini akan jadi cepet mbosenin dia. Tiba-tiba dapet ide, coba semua yang dilakuin ama Alta seharian dicurahkan dalam bentuk tulisan, yah, sekalian latihan melancarkan nulis.

Mulai Senin, 26 Desember, Alta memulai kegiatan ini. Nulis dilakukan setelah selesai kegiatan rutin magrib yaitu sholat berjamaah dan mbaca Qira’ati. Dan seminggu sudah berlangsung, keliatannya Alta semakin menikmati. Gw biarin aja mau nulis apa kek, yang penting nulis, nulis, n nulis. Untuk membuat semangat, tiap hasil tulisan gw kasih nilai. Nilainya berupa jumlah baris yang bisa diperoleh dalam satu tulisan cerita.

Wah, tambah semangat dia.

Akhirnya, kepikiran juga, gimana kalo gw tulis juga di media lain. Ok, akhirnya gw buat akun di WordPress, n gw mulai posting tanggal 2 Januari kemarin. Prosesnya hanya berupa pengalihan dari bahasa tulisan menjadi digital tanpa editing apalagi sensor. Jadi gak heran kalo masih banyak kesalahan yang terjadi di buku (salah tulis atau huruf yang gak lengkap atau kalimat yang aneh) masih sama dengan yang diposting.

Biar deh, sementara ini Bapaknya jadi re-writer. Ntar, kalo internet bisa lebih terjangkau (biayanya, ehm), Alta akan nulis sendiri di blog-nya dari rumah…

Kumpulan tulisan Alta ada di Altair.WordPress.com.