Tags

, , , , , , , , , , , ,


XML (Extensible Markup Language) adalah bahasa pemrograman untuk dokumen yang mempunyai informasi terstruktur. Dokumen disini tidak hanya berarti teks tetapi juga gambar, grafik vektor, obyek meta-data dan banyak lagi.

XML tidak sama dengan HTML. Pada HTML (Hypertext Markup Language, bahasa pembangun halaman web), tag adalah tetap. Misalnya, <h1> selalu berarti heading level pertama. Tetapi jika <ati.product.code> maka tidak akan dikenali atau tidak akan mempunya arti apa-apa. W3C bekerjasama dengan vendor Browser dan komunitas WWW berusaha memperluas definisi HTML untuk dapat mengenali atau mendefinisikan tag baru untuk dapat mengikuti perkembangan teknologi dan dapat memperkaya variasi tampilan pada Web. Tetapi perubahan masih sulit terjadi karena sangat terkait dengan teknologi web browser dan kompatibilitas dengan versi terdahulu.

XML merupakan meta-bahasa yang mendeskripsikan bahasa pemrograman. Dengan kata lain, XML dapat memfasilitasi pendefinisian tag dan hubungan struktur antar-tag tersebut. Semua semantik pada dokumen XML didefinisikan oleh aplikasi yang memprosesnya.

*/ Modul/buku + Data praktik dapat diunduh dengan klik disini (1.7 MB).


Disalin dari:Buku Membangun WebGIS yang Portable dengan ALOV Map, Penulis: Hartanto Sanjaya, pada buku bahan pelatihan NBIN – LIPI – BIOTROP, 2004 – 2005.