ASTER mempunyai produk antaran yang bermacam level, kalo gak salah ada 14 macam produk level yang bisa kita dapatkan. Yang pernah saya coba adalah produk level 1B dan produk 3A.

Level 1B, generated by applying the radiometeric and geometric correction coefficients contained in Level 1A. This product, therefore, matches a map of the projection method selected by user. From this product can be derived physical quantities such as radiance and temperature using the numerical (DN) values in the image data as well as geolocation information. (cuplikan dari brosur ERSDAC)

Dalam pembacaan data Level 1B ini saya coba dengan menggunakan software ER Mapper versi 6.4 dan juga dengan ENVI versi 4.0.

Pada ER Mapper, pembacaan dilakukan dengan langkah:

  1. File -> Open…
  2. Pada window Open, pilih Files of Type pada pilihan All Supported Files.
  3. Pilih file data (yang saya terima dari agen adalah berekstemsi .DAT), kemudian OK.

Aktifkan window Algorithm, maka akan diketahui bahwa semua band yang ada sudah langsung dapat dibaca. Dan pengoperasian selanjutnya seperti biasa. Masalah yang perlu diperhatikan adalah: sebaiknya data disimpan dalam format ER Mapper sesuai dengan pengelompokannya (VNIR, SWIR, dan TIR) karena dari ketiganya terdapat perbedaan dimensi spasial yaitu 15 meter untuk VNIR, 30 meter SWIR, dan 90 meter TIR.

Dalam penyimpanan ke format data ER Mapper, satu hal lagi yang perlu diperhatikan adalah Coordinate System, hal ini bisa dilihat dengan memilih Tab Coordinate System di window Algorithm. Perhatikan masalah Projection, Datum, dan juga Rotation. Jika penyimpanan ingin dilakukan tanpa rotasi maka sebaiknya variabel Rotation di nol kan.

Langkah pembacaan data pada ENVI:

  1. File -> Open Image File, arahkan pada folder data kemudian pilih data.
  2. Klik Open, maka semua band akan terbaca segera.

Informasi sistem koordinat yang digunakan dapat dilihat pada window Available Band List pada icon berbentuk bola bumi pada masing-masing kelompok band (VNIR, SWIR, dan TIR). Penyimpanan dalam format lain (format ENVI sendiri atau format lainnya) dapat dilakukan dengan:

  1. File -> Save File as…
  2. Pilih format yang disediakan: ENVI, ASCII, ArcView Raster (bil), ER Mapper, ERDAS, NITF, PCI Files, TIFF/GeoTIFF.

Penamaan file data yang didistribusikan oleh ASTER menimbulkan kesulitan user dalam menyimpan, karena nama data bisa sama persis padahal data tersebut merupakan data yang berbeda lokasi. Contoh, saya mendapatkan data dengan nama file PRDAT001.DAT untuk suatu lokasi di Sulawesi, nama yang sama saya dapatkan juga untuk lokasi di Jawa Barat.