Kali ini saya mencoba membaca data ASTER level yang berbeda, yaitu level 3A01. Sangat berbeda dengan Level 1B, beberapa kesulitan segera timbul, dan hal ini sangat menarik sebetulnya, karena kemudian diperlukan usaha lebih untuk mengakalinya…

Level 3A01 (Ortho-rectified Image). This product is corrected to remove the geographic distortion caused by elevation. The associated DEM data is also appended. (Cuplikan dari brosur ERSDAC)

Pada level ini, yang menarik, tentunya adalah produk merupakan citra yang sudah orto dan juga dilengkapi dengan data DEM. Pertama, coba buka pake ER Mapper 6.4. Dengan modus operasi buka file standar, ups… “ERS Raster error: Filetype unknown”.

Coba pake ENVI 4.0 dengan modus buka file standar. It works…! Segera inspeksi daftar band yang ada pada window Available Band List. Semua band yang terdapat di Level 1B ada semua. Band V-S-T 4-6-5.

Puas…? Belum, justru banyak pertanyaan. Pertama, sistem koordinat hilang! Data band terbaca tapi koordinat hilang. Kedua, data DEM yang dijanjikan pada produk level ini gak ada!

Banting setir…, pakai alternatif lain (thx untuk mas Josh, yang kasih saran ini). Segera download software MultiSpec. Binatang apakah MultiSpec ini?

MultiSpec© A Freeware Multispectral Image Data Analysis System. MultiSpec is being developed at Purdue University, West Lafayette, IN, by David Landgrebe and Larry Biehl from the School of Electrical and Computer Engineering, ITaP and LARS. It results from an on-going multiyear research effort which is intended to define robust and fundamentally based technology for analyzing multispectral and hyperspectral image data, and to transfer this technology to the user community in as rapid a manner as possible. The results of the research are implemented into MultiSpec and made available to the user community via the download pages. MultiSpec© with its documentation© is distributed without charge. (Sumber: Purdue/LARS MultiSpec)

Lumayan, besar file kurang dari 2 Megabita, tanpa instalasi khusus, hanya unzip lalu run. Segera buka file data, dengan langkah:

  1. File -> Open Image, window open akan muncul, arahkan ke file data.
  2. Pilih Files of Type pada All Files agar file .DAT terlihat, lalu pilih dan klik Open.
  3. Akan muncul peringatan untuk pemilihan data HDF, dimana data yang didahului asteris (*) dapat dibaca, sedangkan yang didahului minus (-) tidak dapat dibaca.
  4. Pada menu Pull Down bagian HDF Data Set, terlihat bahwa semua data yang ada pada paket ini terlihat, selain V, S, dan T, juga terdapat data DEM dengan nama DEMZV (untuk VNIR), dan juga DEMZS dan DEMZT (untuk kelompok SWIR dan TIR).
  5. Pilih ImageData1 (paling atas, ini adalah data VNIR), klik OK, dan akan muncul window baru Set Display Specification For. Tanpa mengubah variabel lain, dan dengan memakai kombinas RGB 321, lalu dengan mantap klik OK.
  6. Data muncul…!

Bagaimana dengan sistem koordinat, apakah terbaca juga? Untuk mengetahuinya, pilih pada menu View -> Coordinates View. Yup, pada window data di bagian kiri atas ada pilihan jenis koordinat. Coba pilih Lat-Long… yes, koordinat keluar. Masalah pertama , sistem koordinat, selesai. Berhubung ada niat untuk memroses dengan software lain, harus ditemukan cara untuk konversi data. Apa yang harus dilakukan?

  1. Pilih Processor -> Reformat -> Change Image File Format
  2. Pada window yang muncul, silakan ubah (jika perlu) variabel yang diinginkan. Dan jangan lupa memilih jenis header yang diinginkan untuk file output. Terdapat 5 macam pilihan: “None”, “ArcView”, “ERDAS 74”, “Matlab”, dan “GeoTIFF”. Klik ok dan silakan beri nama file yang akan dihasilkan.

Sampai disini, pembacaan data ASTER Level 3A01 beserta sistem koordinat sudah ok.

Bagaimana dengan data DEM…?