Baca data ASTER Level 1B dan Level 3A01 sudah selesai, tinggal bagaimana baca data DEM yang terdapat pada Level 3A01. Masih mengandalkan MultiSpec, dan pakai langkah yang sama dengan saat baca Level 3A01:

  1. Jalankan MultiSpec.
  2. File -> Open Image, window open akan muncul, arahkan ke file data.
  3. Pilih Files of Type pada All Files agar file .DAT terlihat, lalu pilih dan klik Open.
  4. Akan muncul peringatan untuk pemilihan data HDF, dimana data yang didahului asteris (*) dapat dibaca, sedangkan yang didahului minus (-) tidak dapat dibaca.
  5. Pada menu Pull Down bagian HDF Data Set, terlihat bahwa semua data yang ada pada paket ini terlihat, selain V, S, dan T, juga terdapat data DEM dengan nama DEMZV (untuk VNIR), dan juga DEMZS dan DEMZT (untuk kelompok SWIR dan TIR).
  6. Pilih DEMZVData (ini adalah data Z pada kelompok VNIR), klik OK, dan akan muncul window baru Set Display Specification For. Tanpa mengubah variabel lain, dengan mantap klik OK.
  7. Data muncul…!

Kembali ke pertanyaan: apakah sistem koordinat terbawa? Segera pilih pada menu View -> Coordinates View. Segera pada window data di bagian kiri atas ada pilihan jenis koordinat. Tapi, ups…, yang ada pada menu pull-down hanya “Lines-Columns” dan “Unknown units”. Ini berarti informasi koordinat gak ada…

Ini masalah baru, dan karena ini terkait erat dengan data VNIR yang telah berhasil diekstrak dengan sistem koordinat yang terbawa, maka tentunya ada suatu cara untuk “melekatkan” sistem koordinat yang sama ke data DEM ini.

Pertama, data DEM yang sudah berhasil dibaca disimpan kedalam format lain dulu (jika akan dibaca oleh software lain, misal: ER Mapper atau ENVI). Penyimpanan kedalam format lain dapat dibaca pada tulisan terdahulu. Lalu, dengan melihat koordinat pixel (kiri-atas) pada data VNIR (bisa terlihat pada headernya), maka data koordinat tadi bisa “ditempelkan” pada data DEM.

Kenapa hal ini bisa dilakukan? Karena kedua data tersebut (DEM atau ZVNIR, dan VNIR) mempunyai dimensi (jumlah baris dan kolom) yang sama dan mempunyai posisi koordinat yang sama (ingat, data DEM dihasilkan dari data VNIR-nya sendiri).