Tags


Imaging spectroscopy adalah suatu teknik yang relatif baru untuk mendapatkan satu spektrum pada tiap posisi dari suatu array yang besar, dari suatu posisi-posisi spasial sehingga suatu panjang gelombang spektral dapat digunakan untuk membuat citra yang koheren (datacube).

Imaging spectroscopy for remote sensing involves the acquisition of image data in many contiguous spectral bands with an ultimate goal of producing laboratory quality reflectance spectra for each pixel in an image (Goetz, 1992)

Dalam komunitas Remote Sensing (Penginderaan Jauh), Imaging spectroscopy mempunyai banyak nama antara lain termasuk imaging spectrometry, hyperspectral imaging dan ultraspectral imaging. Spectroscopy adalah studi tentang radiasi elektromagnet. Spectrometry berasal dari spectro-photometry, pengukuran photon sebagai fungsi dari panjang gelombang, suatu terminologi yang digunakan dalam astronomi (Clarke, 1998).

“Hyper” berarti sangat banyak. Data Hyperspectral biasanya mengandung sekurangnya 16 kanal yang kontinyu dari resolusi spektral tinggi yang melingkup satu daerah spektrum elektromagnet.

Ultraspectral (beyond hyperspectral) digunakan untuk menerangkan data yang mengandung ribuan kanal. Belum ada sensor yang didisain untuk ini tetapi hal ini merupakan masa depan imaging spectroscopy.