Tags

,


Empat tahun lalu, sekitar jam 7 di ruang tunggu RS Mitra Keluarga, Kampung Melayu Jakarta, gw inget kembali saat Oktober 1998, juga berada di ruang yang sama. Saat itu gw ditemani Mama dan Jibul (panggilan sayang Bulik Dar), dan sedang menunggu kedatangan Alta (sila baca Harinya Alta). Kali ini gw duduk sendiri, Mama di rumah nemani Alta, sedang Jibul sudah dipanggil yang Maha Kuasa beberapa bulan sebelum ini.

Qila 2002Penantian kali ini berakhir setelah ada pemberitahuan dari mbak suster, bahwa dia sudah datang…! Ya Allah, seperti apa ya rupanya..? Cantikkah dia..? Gw n istri sebelumnya sudah tau bahwa kali ini kiriman Nya adalah perempuan. Sayang sekali mbak suster gak perbolehkan gw masuk, beda saat Alta dulu hadir, gw dibolehkan masuk ruang kedatangan. Gak lama, kereta kecil bertirai keluar dari ruang kedatangan, dan dia disana..! Segera gw tatap wajahnya, aih cantiknya kiriman Nya. Kereta segera menuju ke bangsal dimana dia akan dibersihkan oleh mbak suster, dan setelah semua itu barulah gw diperbolehkan masuk ruang khusus untuk memperdengarkan nama Sang Pengirim di telinganya.

Hari itu penuh kebahagiaan, dan setelah kontak banyak pihak mengabarkan berita gembira ini, gw n istri segera kembali memantapkan diri bahwa si pendatang baru di keluarga kami ini diberi nama Aquila Jidapa. Nama ini sudah lama ditetapkan bersama berdasar beberapa pertimbangan yang serupa dengan saat dulu memberi nama Alta.

Qila 2006Aquila berasal dari nama rasi bintang Aquila, yang berarti elang. Di rasi inilah terdapat bintang yang paling terang bernama Altair (nama kakaknya). Sedangkan Jidapa adalah nama yang diberikan (tepatnya, diusulkan) oleh sohib di Thailand. Lagi-lagi, nama berasal dari dua hal, yaitu yang terkait dengan astronomi (dan juga terkait dengan Elang) dan terkait dengan nama lokal dari negara terakhir yang gw kunjungi, kebetulan Thailand lagi. Grandma Jariya Boonjavat dan juga Uncle Nathapong Titawigran memberikan nama indah: Jidapa (the person with bright and smart soul).

Hari ini Qila tepat berumur 4 tahun, dan sedang menikmati masa awal pendidikan di TK At-Taufiq Bogor. Met ultah cantikku, tatap dunia dengan ketajaman dan keberanian elang dari ketinggian langit dengan kelembutan dan kebersihan hati.

Bogor, 25 Pebruari 2006.