Tags

,


Modul lama yang masih dinikmati: Spatial Analyst, biasa menclok di ArcView 3.x sebagai extension.

Raster..?

Suatu data raster adalah data yang berupa pixel dan tersusun dalam baris dan kolom, menyimpan informasi spasial dalam sebuah grid atau matrik. Tiap pixel mempunyai nilai, dan nilai ini dapat merepresentasikan sesuatu, seperti ketinggian (dalam DEM, digital elevation model), jenis tanah, penggunaan lahan, kemiringan dalam suatu nilai greyscale (dalam sebuah citra/image).

Data raster biasanya digunakan untuk menyimpan informasi mengenai feature geografis yang kontinyu pada suatu permukaan, seperti ketinggian, nilai reflektan, kedalaman air tanah, dan lain-lain. Data citra adalah satu bentuk data raster dimana pada tiap sel atau pixel menyimpan nilai yang direkam oleh peralatan optic atau elektronik. Grid pada pembahasan ini adalah data raster.

Data raster mempunyai resolusi beragam dan ukuran sel dalam suatu grid adalah tetap, sehingga jika kita lakukan zoom pada data raster maka akan terlihat bentuk dari jajaran sel tersebut.

Grid..?

Spatial Analyst menggunakan theme GRID untuk menganalisis data. Theme GRID adalah sama dengan theme raster pada feature theme biasa.

Grid adalah satu obyek yang menyimpan data spasial yang terhubungkan dengan data lainnya. Grid mempunyai struktur data raster (berbasis sel) dimana tiap sel menyimpan satu nilai data numeric. Kelas Grid dapat menyediakan hasil analisis yang menghasilkan obyek Grid yang baru dari satu obyek Grid lainnya. Suatu obyek Grid object dapat memiliki suatu table atribut nilai yang dinamakan VTab. Jika terdapat VTab maka table ini menunjukkan atribut dari obyek Grid yang terkait.

Suatu VTab otomatis akan terbentuk untuk obyek Grid bernilai bilangan bulat (integer) yang mempunyai rentang nilai kurang dari 100.000 atau nilai khusus (unique) kurang dari 500. Obyek Grid yang bertipe Floating point (pecahan) tidak mempunyai obyek VTab.

Format GRID adalah format yang dimiliki oleh ESRI yang mendukung grid raster berjenis bilangan bulat (integer) 32-bit dan pecahan (floating-point) 32-bit.

Grid sangat baik dalam merepresentasikan fenomena geografis yang berkeruangan kontinyu, dan juga dalam membentuk model keruangan dan analisis aliran, kecenderungan, dan permukaan seperti yang terdapat dalam keilmuan hidrologi.

Dengan menggunakan extension Spatial Analyst kita dapat mengubah tema berbasis vector ke grid. Kita dapat juga menghasilkan grid dari bermacam operasi analisis spasial. Grid dapat ditampilkan dalam window view pada ArcView sebagai theme grid. Kita dapat membuat kelas pada sel-sel grid dan menentukan warna pada tiap kelasnya.

Disalin ulang (dan sedikit modifikasi) dari modul pelatihan Spatial Analyst, disusun oleh httsan, Pebruari 2006.