Tags

, , ,


TriominoPermainan akhir minggu bertambah. Setelah jiplak-menjiplak peta dan merangkai Meccano, kali ini ada lagi yaitu main Triomino. Triomino, yang sudah tersimpan rapi selama hampir tiga tahun, saat ini jadi mainan favorit, setelah para kurcaci sudah mampu mengenal pola bilangan dan berhitung dengan lancar : ).

Permainan ini, mungkin, pengembangan dari Domino. Apapun sejarahnya, ini mengasyikkan. Cara main yang sederhana, ketelitian dan kecerdikan menempatkan Triomino, mampu menarik kurcaci bermain sambil berlatih berhitung.

Gambar A, B, CTriomino berbentuk segitiga samasisi, dengan kombinasi angka pada ketiga sudutnya, dan tujuan permainan adalah mendapatkan poin triomino sebanyak-banyaknya. Bisa dimainkan oleh 2 hingga 6 pemain. Memulainya dengan membalikkan semua triomino (sehingga angka tidak terlihat), “mengocok”, setelah itu para pemain mengambil masing-masing 9 keping (untuk dua pemain), atau 7 keping (3-4 pemain), atau 6 keping (untuk 5-6 pemain). Posisi tidak diperbolehkanSetelah itu masing-masing pemain membuka satu keping dan yang mendapat nilai tertinggi akan memulai permainan, keping lain dikembalikan ke sisi pemilik. Pemain yang memulai pertama sudah dapat mencantumkan skornya sesuai jumlah angka pada keping tersebut (Gambar A). Selanjutnya, sesuai arah jarum jam, pemain lain menempatkan kepingnya sesuai kecocokan angka yang ada, dan mencatatkan skornya (Gambar B), dan seterusnya. Pada Gambar D dan E adalah kondisi yang tidak diperbolehkan.

BridgePada kondisi formasi tertentu pemain mendapatkan bonus yang bisa mendongkrak skor yang telah ada. Kondisi pertama adalah pemain berhasil menempatkan keping pada kondisi bridge, seperti pada Gambar di samping. Pemain akan mendapatkan bonus skor 40 ditambah skor keping yang dijalankan.

HexagonJika mampu membuat formasi hexagon, maka pemain akan mendapat bonus yang lebih besar, yaitu tambahan skor 50 ditambah skor keping yang dijalankan. Posisi hexagon dapat dilihat pada gambar di samping. Permainan akan semakin asik jika banyak “potensi hexagon” yang ada, tetapi keping gak muncul-muncul atau tertawan lawan.

Double HexagonSkor tertinggi dapat diperoleh pemain jika mampu membuat formasi double-hexagon. Pemain ini akan diganjar tambahan skor 60 (plus skor keping yang dijalankan). Ini merupakan bonus tertinggi yang ada.

Bagaimana jika pemain tidak mempunyai keping yang cocok? Pemain ini harus “membeli” keping sisa hasil pembagian awal, dan pada setiap “pembelian” keping skornya harus dikurangi 5. Pada tiap putaran, maksimum pembelian adalah 3 kali.

Jika salah satu pemain telah meletakkan keping terakhirnya, ini tanda bahwa putaran tersebut adalah putaran terakhir dari game ini. Pemain ini mendapat bonus skor 25, ditambah total jumlah angka pada triomino pemain lainnya… wow…!

Bagaimana jika permainan mandek karena gak ada pemain yang punya keping yang cocok lagi..? Pemenang adalah: pemain yang mempunyai jumlah nilai pada keping triomino sisa yang terkecil…! Skor pemain ini kemudian ditambah dengan jumlah nilai triomino pemain lain yang masih tersisa.

Ini asik, absolutly asik. Rules bisa kita ubah/sederhanakan sesuai kebutuhan. Dan sementara ini terbukti membuat kurcaci ketagihan… : )