Tags

, ,


My Album @ FlickrA picture is worth a thousand words… A picture paints a thousand words… Ungkapan yang sering sekali didapat jika terkait dengan sajian informasi dari suatu gambar/foto. Ada benernya atau nggak, yang jelas gw suka merekam suatu fragmen visual dalam jepretan kamera, baik kamera kuno ataupun yang sudah berlabel digital. Hasil iseng jeprat-jepret ini, yang rada enak dipandang, biasanya, dipajang di web. Web yang dipakai adalah yang dilayani oleh pelayan handal dan layanannya gratis. Pelayan web untuk pemajangan foto-foto yang paling sering dipakai adalah Flickr, yang sejak 2005 (?) sudah menjadi keluarga besar Yahoo!. Pengendalian yang gampang dan fitur yang banyak dan menarik menjadi salah satu pilihan utama memakai layanan ini. Selain Flickr, saat ini sedang mencoba-coba layanan baru dari keluarga Google, yang punya nama Picasa Web Album.

Selain Album Foto, sekarang sedang coba-coba mbuat Kompilasi Foto. Apa bedanya? Album foto isinya adalah hasil jepretan sendiri, sedangkan Kompilasi Foto bisa juga memajang foto hasil orang lain. Flikr mempunyai pilihan untuk tiap foto yang diletakkan di sana apakah dibolehkan untuk di-blog oleh pengguna Flickr lain atau tidak. Fasilitas ini yang digunakan untuk bisa menampilkan suatu foto yang diinginkan pada suatu blog. WordPress masih merupakan salah satu pilihan utama dalam pembuatan Kompilasi Foto ini. Dan prosesnya: login di Flickr, pilih foto, blog dan langsung akan terpampang di WordPress tanpa perlu login terlebih dulu di WordPress… : )

The Rainy City

The Rainy CityKompilasi foto yang bertajuk The Rainy City ini bertema segala kegiatan unik, menarik, juga keseharian di Kota Hujan, Bogor. Tema yang ada antara lain tentang makanan, tempat menarik/rekreasi, istana, pasar, dan kegiatan manusia Bogor. Dan sampai tulisan ini diketik, gak ada satupun foto hasil kompilasi yang merupakan karya sendiri… walaupun ngakunya suka jeprat-jepret sana-sini… di kotanya sendiri masih nol hasilnya… : )

Was There…

Kompilasi Foto Was ThereYang satu ini adalah kompilasi tentang tempat atau lokasi yang pernah dikunjungi – Estaba allí. Dan sebisa mungkin sesuai dengan yang pernah dilihat sendiri saat itu, dan juga hasil dari pemfoto lain, supaya sudut pengambilan gak monoton. Agak susah nyarinya di timbunan foto Flickr. Dan kalau memang belum ada yang pajang disana terpaksa pakai hasil jepretan sendiri. Tema yang ada sesuai dengan nama negara, jadi gampang klasifikasinya. Kompilasi ini sepenuhnya untuk mengingat kembali perjalanan yang pernah ditempuh dengan segala suka, suka, dan sukanya (gak ada duka…). Dan besar harapan suatu saat bisa kembali lagi dengan suasana yang lebih indah lagi.

Elang putra dan elang putri insya 4JJ1 akan terbang lebih tinggi dan jauh dibandingkan perjalanan yang sudah pernah dilakukan ini… : )