Tags

,


Land cover and land use...?Sepasang istilah, land cover (penutupan lahan) dan land use (penggunaan lahan), sering sekali digunakan dalam kajian permukaan bumi. Sering terpakainya istilah ini terkadang malah mengaburkan arti dari masing-masingnya, dan juga, akhirnya, sering diartikan terbolak-balik.

Banyak sumber yang sudah berusaha memisahkan dengan tegas batas keduanya. Lillesand dan Kiefer pada tulisan mereka tahun 1979 kurang lebih berkata: penutupan lahan berkaitan dengan jesis kenampakan yang ada di permukaan bumi, sedangkan penggunaan lahan berkaitan dengan kegiatan manusia pada obyek tersebut.

Townshend dan Justice pada tahun 1981 juga punya pendapat mengenai penutupan lahan, yaitu penutupan lahan adalah perwujudan secara fisik (visual) dari vegetasi, benda alam, dan unsur-unsur budaya yang ada di permukaan bumi tanpa memperhatikan kegiatan manusia terhadap obyek tersebut.

Sedangkan Barret dan Curtis, tahun 1982, mengatakan bahwa permukaan bumi sebagian terdiri dari kenampakan alamiah (penutupan lahan) seperti vegetasi, salju, dan lain sebagainya. Dan sebagian lagi berupa kenampakan hasil aktivitas manusia (penggunaan lahan).

Dan banyak lagi pendapat senada, baik dari para pembuat buku teks panutan maupun dari para perajin-tulis (maksudnya peneliti yang hobi menulis karya).

Jadi, jika pada penutupan lahan dikatakan “tubuh air” (terjemah bebas dari water body), maka penggunaan lahan dapat berarti sungai, danau, kolam, dan lain-lain.
Bagi para pengolah data satelit atau foto udara yang akan mengelaskan tutupan lahan dan penggunaan lahan, hal yang “agak” membingungkan adalah jika menemukan obyek berupa awan dan juga bayangan awan yang pekat. Termasuk dimanakah “obyek” ini? Penutupan atau penggunaan..? : )

Kuburan, di banyak negara (termasuk Indonesia) mempunyai luasan yang kecil (hanya 2-4 pixel Landsat), dan “biasanya” tergolong dalam istilah penggunaan lahan. Tapi salah satu rekan di Taiwan bersikukuh bahwa kuburan bagi mereka juga termasuk penutupan lahan. Kenapa? Karena ternyata di Taiwan kuburan mempunyai luasan yang banget-banget bagai perkampungan modern… : )

Advertisements