Tags

, , , ,


Beberapa waktu terakhir, berbagai pihak rajin mengirimkan berita ruarrr biasa tentang Planet Mars. Bunyi berita antara lain:

Planet Mars akan menjadi bintang yang paling terang mulai Agustus. Besarnya akan terlihat sebesar bulan purnama. Puncak terangnya planet ini adalah tanggal 27 Agustus ketika Mars mendekat dengan jarak sekitar 34.65M mil dari bumi. … dst dst dst…

Perbandingan penampakan Bulan dan MarsBerita ini sudah mulai beredar beberapa tahun lalu, dan selalu mengacu pada tanggal 27 Agustus… Ada apa tanggal 27 Agustus..?

Pada 27 Agustus 2003, planet Mars berposisi terdekat dengan bumi, dan terjadi sekali dalam sekitar 60.000 tahun. Hal ini yang selalu digunakan oleh penyebar berita, dan hanya dengan mengubah tahunnya saja.

Dan besarnya Mars (yang terlihat dari bumi)? Tetap saja tidak sebesar bulan purnama, bahkan hanya setengah dari diameter planet Jupiter (planet Jupiter dapat terlihat dengan mata telanjang, dan hanya tampak “seperti” bintang lainnya).

Sebenarnya, dimana posisi Mars pada Agustus tahun 2006 ini? Dengan mudah bisa kita cek melalui beberapa perangkat lunak astronomi (freeware, antara lain StarCalc) dan dari sana kita bisa ketahui kapan si Mars terbit. Jangan lupa masukkan posisi koordinat geografi tempat kita berada sebelum berselancar di langit.

Nggak tau posisi/koordinat geografi lokasi anda? Mmm, kalau begitu harus ditambah alat bantu berupa perangkat lunak Google Earth (sila unduh gratis) yang bisa digunakan untuk melihat seluruh permukaan bumi berdasar citra satelit sekaligus menunjukkan posisi koordinat. Syarat utama, komputer harus terkoneksi ke internet saat mengoperasikannya… : )

Untuk Jakarta dan sekitarnya, berdasarkan StarCalc, pada pertengahan bulan Agustus ini Mars terbit sekitar jam 7.15 di ufuk timur, ini berarti sudah tidak mungkin terlihat karena saat itu matahari telah terbit. Dan jika merujuk ke berita ruarrr biasa tadi maka kesesuaian waktu telah gagal, artinya berita tersebut salah (untuk mengetahui kalimat lengkap dari berita tersebut, yang juga menyebut soal waktu, blok saja kutipan berita diatas, kemudian klik kanan pada tetikus, pilih Search web for).

Kalau malas mengunduh, bisa bermain di web dengan akses ke Sky and Telescope (jangan lupa aktifkan java enable pada browser). Set posisi lokasi pada panel di kiri layar. Tidak perlu takut lokasi, karena kita bisa pilih Negara dan masukkan kota besar terdekat. Tetapi kalau sudah tau koordinat bisa juga dimasukkan langsung angka koordinatnya. Kemudian kendalikan waktu (date and time), hingga ketemu Mars… Hasilnya serupa dengan menggunakan StarCalc, tentunya… : )
Untuk lebih detil mengenai penjelasan berita ngaco ini bisa disimak lebih jauh di Mars Hoax Returns.

Penyebaran berita ini (yang sudah tergolong SPAM) sangat mengerikan karena melalui milis “orang-orang pintar” sehingga banyak penerima berita langsung percaya ya ya… Selain milis, penyebaran juga melalui Yahoo Messenger, dan ada juga yang mengirimkan file PPS (PowerPoint Slide Show)… : (

Mars… mars… nasibmu… : )