Tags


Flickr MapKeluyuran ke berbagai tempat tentunya sangat mengasyikkan, apalagi yang memang punya hobi keluyuran. Alhamdulillah, gw punya kesempatan dan sekaligus punya hobi keluyuran. Dalam rangka menunaikan tugas (ehm.. ehm..) maka sebagian dari cita-cita sudah tercapai, yaitu menginjak dan menikmati sebagian wilayah negeri tercinta. Dalam keluyuran tersebut, ada kesenangan tersendiri yang selalu terbawa, yaitu seneng jepret sana jepret sini. Dari jamannya pake kamera foto trek-trek-trek (ini suara nggulung foto di kamera analog) sampai jamannya digital.

Seperti yang pernah ditulis pada Album dan Kompilasi Foto, sebagian hasil jepretan tadi dikumpulkan di web dengan memanfaatkan jasa dari Flickr-Yahoo dan juga Picasa-Google. Layanan mereka cukup memuaskan, dan masing-masing punya kelebihan.

Menikmati foto-foto hasil keluyuran tentunya lebih asik lagi kalau kita tahu dimana sebenarnya lokasi foto tersebut sebenarnya. Mengetahui “keruangan” dari sebaran foto-foto yang pernah “diambil” memudahkan gw dalam mengenang kembali segala pengalaman yang menyertainya. Apalagi kalau foto-foto tadi “diletakkan” tidak sekadar di atas peta tapi sekaligus di atas citra satelit. Pasti wow sekali.

Flickr punya fitur yang menarik terkait dengan “peletakan” foto di lokasi pengambilannya. Flickr menyediakan map yang berisi peta seluruh dunia plus citra satelit resolusi menengah (beberapa tempat dengan resolusi cukup tinggi), dan dengan mudah kita letakkan foto yang ada (yang sudah disimpan di Flickr) di titik mana kita pernah men-jepret-nya. Mungkin gak pas-pas amat, karena gak semua kesempatan ada GPS di tangan, tapi setidaknya bisa kira-kira lah dimana lokasinya.

Sila kunjung map-nya Flickr di Flickr-map atau kalau berminat mengikuti kenikmatan keluyuran gw sila kunjung Flickr-map htt, peta sebaran foto keluyuran… : )