Tags

, ,


Bagi pemerhati, pengguna, dan pengembang dalam dunia Remote Sensing (Penginderaan Jarak Jauh/Inderaja), kata-kata Hyperspectral pastilah gak asing lagi.

Satu dekade terakhir hyperspectral, yang memang masih merambat jalannya, semakin memantapkan diri sebagai “masa depan inderaja” dengan potensi hasil analisis yang jauh lebih ok dibandingkan dengan “multispectral”.

Sila baca sedikit tentang Hyperspectral di Hyperspectral/Imaging Spectroscopy, untuk inget-inget.

Setelah beberapa saat ikutan mendalami hyperspectral, November 2006 ini rekan-rekan di BPPT (Pusat Teknologi Inventarisasi Sumberdaya Alam/PTISDA) mau ikutan berbagi pengalaman dalam dua acara terpisah, yaitu pelatihan dan seminar internasional:

  1. International Training on Hyperspectral Applications: Biodiversity and Water Application. Ini adalah pelatihan mengenai “tentang hyperspectral” dan juga ngoprek data hyperspectral, sekaligus bagaimana menggunakan alat bantu di lapang (spectrometer, sunphotometer, dll). Pelatihan rencananya selama 6 (enam) hari, termasuk 1 (satu) hari jalan-jalan ke lapang, di Kepulauan Seribu. Pada pemrosesan data, akan dipisahkan menjadi 2 (dua) kelompok aplikasi yaitu Biodiversity dan Water. Pelatihan ini sendiri akan diadakan di Gedung BPPT, Gedung 2 Lantai 3, Jl. Thamrin 8 Jakarta, tanggal 13-18 November 2006. Untuk keterangan lebih banyak sila kunjungi situs tentang kegiatan ini sila klik disini. Biaya kesertaan sangat terjangkau… jangan khawatir…
  2. International Seminar on Hyperspectral Technology: Development and Application. Ini adalah seminar tentang hyperspectral dan beberapa kegiatan penelitian yang telah dilakukan bersama oleh BPPT dan beberapa kolega di Belgia. Belspo (Belgian Science Policy), VITO (Flemish Institute for Technological Research) dan University of Gent adalah pihak-pihak yang selama setahun terakhir bersama mengembangkan aplikasi hyperspectral, dalam kegiatan Hyperspectral Fordate 2005. Pelaksanaan seminar juga di Gedung BPPT, Gedung 2 lantai 3, Jl. Thamrin no.8 Jakarta, hari Senin tanggal 20 November 2006. Keterangan detil sila klik disini.

Ada yang berminat bergabung…? : )

Ayo kita masuki “masa depan Remote Sensing” bersama…