Wisata Agro di Nangorak, Sumedang


Tampomas dan lelampuan di SumedangTempat wisata yang menjanjikan kedekatan dengan alam semakin semarak. Banyak yang menyajikan dengan ke-khas-an masing-masing. Ada yang mengajak pengunjungnya menikmati kedekatan dengan sapi, maksudnya pengunjung diberi kesempatan membelai sapi plus kesempatan belajar memerah susu dari si sapi, asik juga. Ada yang khusus menyajikan kemewahan ber-strawberry-ria. Disini pengunjung langsung berinteraksi dengan sang tanaman, memetik dan menikmati buah strawberry langsung dari pohonnya. Ada juga tempat yang mengijinkan pengunjung untuk pesta duren gratis, dengan syarat tidak boleh ada yang dibawa keluar wilayah wisata tersebut. Dan lain-lain, dan lain-lain, dan lain-lain, yang tentunya sangat positif jika dilihat dari tujuannya yaitu (antara lain) mendekatkan kita ke alam, menikmatinya sambil ikut serta aktif dalam kegiatan didalamnya. Aktif memerah susu, aktif memetik strawberry, aktif membelah duren, yang akan memberi nilai kenikmatan khusus bagi kita, apalagi kalau anak-anak kita pun dilibatkan.

Huma di atas bukit...Sumedang, di Jawa Barat, yang selama ini lebih terkenal dengan “Tahu Sumedang”-nya, juga mempunyai lokawisata alam (agro) yang gak kalah menariknya. Lokasi wisata agro ini terletak di Kampung Nangorak, sebelah selatan kota Sumedang, di ketinggian yang cukup untuk merasakan dinginnya udara sekaligus menawarkan beragam kegiatan alam selain menikmati pemandangan yang wow…

Bagaimana menuju lokawisata ini..?

Panen jagungDari arah barat (Bandung), sekitar 500 meter sebelum alun-alun Sumedang, terdapat perempatan Palasari, dimana jika belok ke kiri akan menuju ke Terminal bus antarkota, dan pada kesempatan ini ambil arah ke kanan. Kondisi sebaliknya jika kita dari arah alaun-alun, maka sekitar 500 meter akan ditemui perempatan tersebut, dan ambil arah kiri. Ikuti jalan utama, dan ikuti tanda petunjuk ke arah Makam Pahlawan Naional Cut Nya’ Dhien. Arah ke lokawisata agro ini memang melewati makam yang juga dikenal sebagai Makam Gunung Puyuh ini. Setelah melewati makam, ikuti terus jalan utama, hingga sekitar 2,5 km akan ditemui percabangan jalan (pertigaan), ikuti arah jalan ke kanan. Jalan ini akan membawa kita langsung ke kawasan lokawisata agro tersebut. Total jarak dari jalan utama Sumedang sampai lokawisata ini sekitar 6 km. Bingung bingung deh… : ) Atau ya cara gampangnya minta tolong ojek yang biasa mangkal gak jauh dari Makam Gunung Puyuh untuk anterin ke lokasi.

Apa yang dapat dinikmati disana?

Kandang penggemukanLokawisata agro di kampung Nangorak ini lebih dikenal dengan nama KAS (berasal dari singkatan Kawasan Agroteknobisnis Sumedang). Terletak diketinggian antara 850 dan 1000 meter dpl, mempunyai medan (kondisi permukaan) yang menarik karena perbedaan ketinggian yang agak mencolok (berkontur rapat), tetapi mempunyai bidang yang cukup datar dibeberapa tempat.

Memasuki kawasan KAS, di kanan dan kiri jalan terdapat beragam tanaman pertanian yang sedang dikembangkan dari sisi benih dan pengolahan pabrik. Pabrik pengolahannya sendiri terletak di bagian timur dari KAS. Masuk semakin dalam, akan ditemui budidaya Domba Garut. Deretan kandang di sisi kanan jalan terbagi menjadi beberapa bagian. Ada kandang bagian penggemukan, ada juga kandang bagian pembiakan. Di sini reproduksi domba dilakukan dengan inseminasi buatan dan “laser puncture”.

GazeboDi sisi kiri dapat terlihat rumah kaca yang cukup luas. Di dalamnya ditanam Melon dengan pengairan sistem drip. Sedangkan di sekeliling rumah kaca terdapat kebun strawberry. Melon dan strawberry secara berkala siap dipanen, dan pengunjung dipersilakan menikmati proses panen tersebut dengan cara-cara yang dipandu oleh penjaga. Sedang dikembangkan juga tanaman berkhasiat obat dengan jumlah sekitar 250 jenis tanaman.

Sedikit mendaki dari daerah rumah kaca, akan ditemui gazebo, yaitu rumah atau pondok tanpa dinding tempat beristirahat. Pondok yang terbuat dari kayu ini dasarnya merupakan anyaman bambu dan berupa panggung dengan ketinggian sekitar 1 meter dari permukaan tanah. Sekitar 15 meter sebelah timur dari gazebo, kolam pemacingan (ikan patin) sudah menunggu. Ini khusus bagi penggemar pancing-memancing. Mau langsung bakar-bakar hasil pancingan juga bisa, alat-alat pemanggang ikan cukup komplit.

Tempat pemancinganJika kenikmatan dalam melakukan berbagai aktifitas di KAS tak cukup sehari, maka tersedia lahan bumi perkemahan di bagian selatan KAS. Di lahan ini, yang merupakan bagian tertinggi dari KAS, dapat dimanfaatkan sebagai tempat camping yang menantang. Lokasi yang berbatasan langsung dengan hutan asli (maksudnya: hutan primer) dan dikelilingi jurang/lembah yang cukup dalam akan memberi tantangan sendiri bagi petualang. Yang jelas, bagi penginap di tenda, harus sedia baju hangat yang cukup tebal dan patok tenda harus cukup handal, karena angin malam yang datang dari arah puncak gunung kenceng banget dan brrrrr…

Gak cukup menantang dengan istirahat di tenda dengan terpaan angin dari Gunung Puncakanjung, yang puncaknya berketinggian sekitar 1400 meter..? Di area perkemahan ini juga tersedia Rumah Pohon..! Wow… Ini tentunya lebih-lebih-lebih asik lagi…

Morfologi permukaan yang beragam dan mempunyai lokasi yang menantang menjadikan lokawisata ini tempat Paralayang yang ideal. Tempat “take off” yang baik dan mengarah ke lembah yang relatif bebas dari gangguan penerbangan, menjadikan KAS salah satu lokasi favorit penggemar Paralayang dari Jakarta, Bandung, dan beberapa kota lain.

Panorama Gunung TampomasDari ketinggian Lokawisata agro KAS ini, saat malam hari, dapat dinikmati pemandangan kota Sumedang dengan beragam kerlip lelampuan jalan dan kendaraan. Dan dipagi hari, pemandangan Gunung Tampomas nun di utara Sumedang dapat juga dinikmati keindahannya, terutama saat awan mulai terbentuk dan mulai menutup puncak Tampomas…

Jika di komputer sudah terdapat Google Earth, arahkan ke posisi 6°54′37″ LS dan 107°54′51″ BT, dan mainkan visualisasi 3 dimensinya untuk mengetahui lebih asik lokasi ini…

 

Bagi yang berminat ke Nangorak dan berasal dari luar kota Sumedang, untuk perencanaan yang matang sebaiknya kontak dahulu basecamp di Jl. Cut Nya’ Dhien no.80 Sumedang, tlp (0261) 203496, dengan Bapak Dewa.

 

About these ads

117 thoughts on “Wisata Agro di Nangorak, Sumedang

  1. Boleh tahu kondisi jalan menuju kesana, apakah bagus atau berlubang2? Apakah ada penginapan yang bisa disewa disana? Bagaimana hawanya disana?

  2. #1. Glady, kondisi jalan sih sudah ok. aspal walau bukan hotmix. penginapan tidak ada, jadi kalau mau menginap pakai tenda. lokasi gak jauh dari kota Sumedang, nah di Sumedangnya sih banyak hotel/penginapan. Hawanya seger banget, dan pemandangannya ok.
    : )

  3. kalo mau wisata buah, kapan waktunya? apa tidak tergantung musim?, biaya yang harus dikeluarkan berapa? trus boleh ga buahnya dibawa pulang?

  4. hello………..

    Saya mempunyai temen dari belanda, yang mempunyai usaha green hause. Bulan maret beliau akan berkunjung ke indonesia, apakah memungkinkan untuk memulai usaha penanaman tomat ( green hause di daerah ini ? )

    terima kasih

  5. tolong dong kirimi alamat dan no tlp wisata agro di bandung yang berada di dekat jalur bandung jakarta sekalian entrance tiket dan info-info terkait, thank buanget.

  6. Mohon maaf bpk Hartanto saya mau ngasih info untuk sdri. yuni hastuti yang menanyakan wisata agro di daerah Bandung, coba hubungi PTPN. VIII Bagian Agrowisata (022) 2038966. Terima kasih

  7. saya sudah pernah kesana emang pemandangandi jalan sangat bagus apalagi di lokasinya. pertama saya datang kelokasi saya langsung disambut beberapa burung elang yang terbang bebas
    nangorak tu lakasinya dikaki gunung apa

  8. Pingback: Kembali ke... Nangorak! « Catetan kecil httsan

  9. Pingback: Nangorak, Strawberry field dan Melon segar « Catetan kecil httsan

  10. Bagi yg berminat ke Nangorak, kontak aja dulu para punggawanya: Wulan (0813 22401260), Aji (0812 2391944), Wisnu (0813 20011674), atau Dewa (0813 21828030)…
    : )

  11. Pingback: Wisata Agro di Nangorak, Sumedang « Affandi@wordpress

  12. sampurasun…punten kang ari ti jalan cut nyak dien dugi ka lokasi wisata aya kendaraan? upami sauihna ti nangorak oge aya kendaraan? punten di waler…hatur nuhun

  13. Agro wisata di Nangorak emang potensial ceuk saya mah ngan hanjakal can kagali pisan jeung etatah sarana trasportasina masih can kaciri…
    Sok atuh para investor tong nyarumput wae!!!

  14. Abdi parantos ka nangorak Pegunungan, Alami, sejuk, dingin pikabetaheun, Insya Allah rencana akhir tahun 2007 , keluarga besar rencana hoyong kemping di Nangorak. Nuhun, Jaya wisata Sumedang

  15. Wah hebat euy! Nuhun kang, Sumedang ekspos! Palay tuh ka Nangorak! Pasihan informasi lebih banyak atuh biar saya yang di Semarang bisa lihat alam Sumedang lebih buanyak! Hatur nuhun…

  16. Salut buat pengelola website ini, saya mau minta tolong ingpormasi mengenai trek yg menantang dengan pemandangan yg indah buat penggila sepeda gunung

    hatur nuhun

    adebokasa, XL da BIKES, jakarta
    0813 1812 6549

  17. salam kenal semua.
    untuk adebokasa, di lokasi ini (Nangorak) juga asik buat penggila sepeda gunung, plus pemandangan yg ok. mau trek yang “cepet longsor” juga ada kok hehehe…

  18. emmmmm,,,kira2 dr tukang ojeg itu jauh ngga?jauh mana dr alun2 ke citengah ato dr alun2 ke Nangorak?soalnya ke citengah aza jauh banget,,,ngga bgt c,,cm az,,nuhun kang,,

  19. untuk kota tercinta sumedang jangan sampai punah keasliannya tetap dibudayakan. jangan sampai dirampas oleh bangsa lain

  20. assalamu ‘alaikum ka sadayana
    saya mah bangga jadi orang sumedang yang mempunyai begitu buanyak sesuatu yang tidak di punyai oleh kota lain. sok atuh urang pelihara sumedang, lamun lain urang saha deui?????????
    SUMEDANG TANDANG NYANDANG KAHAYANG

  21. Beuki bangga we abdi jadi urang sumedang teh….Abdi ayeuna di kalteng (pangkalan bun), kamari waktos cuti teu sempet ka nangorak tp mung dugi ka kampung toga. upami teurang nangorak tos rame sareng jalanna sae mah mending sakantenan we. Kapungkur we waktos ka nangorak teras ka haur lawang teh waktos taun 85, mani nikreuh jalanna oge, Janten wararaas…mudah2an upami enjing ka lembur deui insya alloh mampir ah ka nangorak.

    Sukses kanggo sumedang alias si STNK !!!

  22. Aden (19:37:38) :

    SUMEDANG,…TeOPe lah!
    Abdi urg Nangorak,Kang. Wilujeng tepang.

    Nangorakna beh mana ari kang Aden ,manawi uing kenal ( Asep cipicung )

  23. saya suka dengan kawasan yang anda kelola dan saya jg suka keadaan alam disana sejuk ketika sore, tetapi siang sangat panas sekali sehingga apabila berkemah atau membuat kegiatan di siang hari sangat malas dengan sengatan matahari yang langsung. jadi perlu adanya penanaman pohon kembali biar pengunjung dapat menikmati kesegaran itu di siang hari.
    apalagi kegiatan outdoornya ditambah jangan flyng fox saja kasih permainan alam lain seperti hulahup, two line brige, atau permainan outbound lainnya.
    jalan yang di lalui cukup extrim untuk menuju kesana apa lagi deket lapang, saya pernah mundur lagi pake mobil untung saja tuhan masih baik sama saya. jadi aga rata dikit biar ga bahaya.
    trus satu lagi pa
    artikelnya pa, ganti dong sudah satu taun saya liat itu aja. pake bahasa inggris biar turis asing tau.
    mungkin ini sebagai masukan ya pa jangan dianggap saya menggurui

  24. Hidup Pak Don atas terpilihnya kembali sebagai bupati sumedang, semoga bisa menjadi pemimpin yang adil dan bijaksana…. Amin. Dalam hal pariwisata mungkin objek geowisata bisa di optimalkan lagi mengingat Kab Sumedang potensial dengan geologi daerahnya……

    • sebagai orang sumedang asli jujur saya teu suka sumedang dipimpin lain kuurang asli sumedang,naha kamarana ari urang sumedang,mani bupati oge kuurang tegal,teu ngarti sayamah

  25. seandainya kota kelahiranku seramai jakarta,bndng,surabaya…aku ga akan merantau di kota orang,kota yang penuh penderitaan………maunya sih di sumedang itu jadi kota industri seperti kota2 lain,biar ga banyak pengangguran….tos heula ahhhhhhh..

  26. Kang saya oge urang sumedang tapi bingung upami tikampung toga kamana!!!! Bulan Maret kamari touring sakantenan pulang kampung ka sumedang sareng rerencangan ti tangerang teu acan terang palih mana atuh rutena salam ti kang iwan urang nangtung
    Bravo Sumedang!!!!

  27. kang hartanto sareng nangorakers punten tadi salah ketik eta email raka abdi ngadamel acara atuh dinangorakna atanapi perlombaan kanggo memperkenalkan ka seluruh indonesia upami tiasa pas 17 agustusan

  28. nuhun pisan…..informasinya
    aduh…saya teh urang sumedang tapi nembe terang daerah nagorak, upami dayeh luhur kapan mau ditampilin…,saya juga pengen main kesana. nuhun pisan nanti kalau cuti saya mau ke nagorak, kalau pake pemandu kira – kira berapa biayanya tiket masuknya ? ditungu infonya.

  29. kita udah perna ke atas dan wuasik skali pemandangannya…
    cmn waktu itu ga tau eta teh tempat agrowisata, taunya ada kandang domba sama tanaman melon..
    SOk atuh kang kita pengen kemping disana trus ada kl mau ke curug (lupa nama curugna) tea ada yg bisa nganter ga??

    nah akhirnya bayar ga? biaya2na bwt apa apa? brapa?

    bwt Nda, saya juga pernah pake motor mpe mundur lagi di tanjakan deket lapang…. pengalaman seru lah

  30. kang iwan, sila kontak nomor para pengunggunya langsung ya (ada di halaman ini juga).

    teh ani, biaya masuk mah tidak ada, yang ada cuma biaya parkir… hehehe…

  31. Saya mah resep nguseup, upami bade mancing lauk emas, nila atanapi patin kumaha sistimna ?….. kilo angkat ? …….Sabaraha per kilona ? dinten naon dibukana?.

  32. Pingback: Berangkat Berlibur ke SUMEDANG « Celotehku

  33. Wah…..Kang Abdi Sono ka Sumedang teh…………..
    song hoyong abdi ka Nangorak teh, kumargi seueur wargi.
    Kapungkur sok seueur anu damel da daerah abdi aupami musim tatanen teh ( Nyawah) ………….. salam ah ………. ka Urang Nangorak.

  34. bapa sareng pun biang urang sumedang…ka gunung puyuh oge nembe sakali kalina… sanes hilap ka tanah leluhur, tapi tos teu aya sasaha di lembur teh.. insya Allah hoyong terang gunung naon tadi teh??

  35. Sumedang!!! eta toh kota kelahiran saya tapi saya teh besar di Jakarta, jadi ga tau keadaan Sumedang, nah ini kebetulan saya buka web site eh, ternyata di Sumedang ada tempat rekreasi, insyallah akhir bulan Desember berkunjung ke Nanggorak-Sumedang ajak temen-temen mengenal kota Sumedang…
    Hidup STNK….

  36. Nangorak !!! Sumedang !!! saya mah sering ke Bantar Merak, Bantar Wangi, Wado karena ada kakak saya yang tinggal di sana (dikampung pamajikanana) dan saya sering ke Ciganeas waktu itu teuteuh saya PTT di Puskesmas Ciganeas tapi saya kok baru tahu sekarang kalo ada obyek wisata NANGORAK ya udah kalo begitu saya mau ajak rarencangan ulin ka Nagorak akhir Desember 2008 nanti, mohon do’a restunya ya…..

  37. Alhamdullilah… banyak komen yg msk tuk Nangorak!! jd planning kesana nya tambah mantap euu.. klo mancing ada penyewaan Jor’ran tak? udah 3X kesana tp bru dngr ada tmpat namanya Nangorak!! penasarannya GEDE BANGET.. tuk ksna. Tuk kendaraan, dngr-dngr lbh enak NGADURUDUD.. pke MONTOR roda Depan Belakang.. Tuk Kondisi jalan Bgmn?? Klo tuk acara club MONTOR apa mendukung juga…

    Ok dah…
    Hidup Tugu ENDOG … en TAHU BONGKENG … en PENGINEPAN MANG PUTUT …

    Tara’Rengkyu nyA …… STNK

  38. ass…sumedang…sumedang…..sumedang….kotaku tercinta..etateh lembur kuring.dilicin cimalaka kuring tinggal..toz hawana sejuk..pemandangannya indah-indah…APALAGI CEWE-CEWENA ..MEUNI GAREULIZZ…WHEHEHE..mun pulang kasumedang teh kangen kapanteuneun niis dibalong..alaaah raozz pisan pokonamah..teu siga dijKT walaaah meuni panas…

    pokonamah kanggo urang sumedang khususna HIDUP PERSIB..HEHEHE…BRAVO VIKING LIBERTY SUMEDANG

  39. Wah, baru tahu sekarang, informasinya… Kayanya menarik untuk dikunjungi… Ternyata Sumedang bukan hanya tahu yang menarik untuk dinikmati. Nuhun ah infona.

  40. coba temen2 liat deh alamat ini:

    kawasanagroteknobisnis.blogspot.com

    ko morip banget ya!!

    gimana nih bang?
    siapa yg nyuri?

  41. salam tepang ka sadayana , nangorak emang bikin penasaran. Titip salam kanggo kang wisnu “kumaha damang? mani lawas teu tepang. Abdi bade nyusun makalah perkawis nangorak, kumaha tah tiasa di bantos informasi na?”. Sumedang inded a beautiful city.

  42. waraas sareng ngaraos reueus ningal kamajengan sumedang, khususna dina widang agrowisata. saena mah boh pamarentah, oge masyarakat sumedang kedah silih rojong kanggo ningkatkan widang wisata agro nu masih keneh seueur tiasa digali kanggo pintonkeuneun ka balaraea terutami ka masyarakat luas, boh nasional kitu oge internasional. tangtos bakal ningkatkeun penghasilan asli daerah ( PAD ) sumedang kanggo karaharjaan masyarakat sumedang sakumna. Nepangkeun ka balarea para dulur , sim kuring urang sumedang palih wetan perenahna di wewengkon kampung pasirkaro, ds, tarikolot, kec. jatinunggal. Hatur nuhun.

  43. salam kenal aa hartono abdi oge urang sumedang ti naggorak desa marga mekar kp.pangauban sebagai urang nanggorak abdi salut tasa ngangkat agro bisnis di wilayah nanggorak sukses,upmi tisa tampilkeun wisata curug sabukna nu gunung rengganis hatur nuhun.

  44. siiplah jadi tambah lagi tujun wisata di sumedang, saya dulu ke sana tapi belum ada sekarang hebat euiy.. bravo sumedang

  45. tvri jabar …belum pernah meliput tuh keindahan nangorak, kalau pihak pengelola
    mengijinkan kami akan shooting ” potensi nangorak” dan kami siarkan sebagai bahan program acara “jendela Budaya Pariwisata “…kumaha tah …Kang . Sebagai promosi Nangorak di Pariwisata lokal Jawa Barat & Nasional .
    Rencana Shooting Tim Crew TVRI Jabar Ke Nangorak Akhir bulan October 2009 Atau Awal bulan Nopember 2009. diantoss Jawaban na secepatnya Kangg….Hatur Nuhun.

  46. SYA PERNAH SEKALI K SANA, TERNYATA D SANA SANGAT SEJUK, INDAH DAN MEMEPESOAN DAN BANYAK BURUNG2 YG BERTERBANGAN, ALAM YG INDAH BANGET………………….DAN DISTU PUN SAYA BERTEMU DENGAN JAKA PAMUNGKAS ANAKNYA MANG CACA…………………NGAN SAUKUR ULIN………..!!!!!! HIHIHI
    NGOMONG2 ASA TEU NYAMBUNG……..EUY……..!!!!!

  47. aduh Sumedang kota kelahiranku ternyata bnyk tmpt wisatanya ya, aku blm prnh ksn tp sdh lht di tv tp hny sepintas…..pgn bngt ksn. klu TOGA sih aku hmpr tiap plg barkunjung bersama keluarga.

  48. sip kang . . .
    masih banyak tempat pariwisata yang lain yang belum digali dan masih alami kang. saya sebagai rakyat kota sumedang sangat bangga membaca posting akang tentang tempat pariwisata nangorak ini.
    Semoga sumedang terkenal dalam bidang pariwisata dan kuliner. amin . . .

    “sebar tahu ke pelosok dunia”

  49. pengen banget ke kampung toga…tyuz mancing deh d’situ….cz udah kangen banget ma…sumedang tercinta…hahaii….

  50. Pingback: 2010 in review « Catetan kecil httsan

  51. saya hoyong atuh main ke naggorak bawa keluarga dulu blm seindah itu, salam-salam ya buat temen2 almni SMEA N Sumedang tahun 1983/1984, buat uus rusmana, suhaya, enong junarsih, elya meyani rachman, ikin sodikin kangen nih pengen ketemu kalian

  52. Asalamualaikum, kang abdi asli sumedang nanging tos lami di banten, saya kaget di daerah banten ada yg nama nya lengkong sumedang, menurut cerita katanya dulu pendirinya orang sumedang, KH R Aria wangsakara anak dari prabu gesan ulun, apakah itu betul? makasih buat yg mau ngasih tau .

  53. Kapan atuh kita ketemuan para sobat smea n sumedang dan salam hormat saya buat para guru smea n sumedang, untuk nanggorak meni sae pisan pesonamu begitu menakjubkan sanubari, kini aku merantau nun jauh demi penghidupan ini

  54. subhanallah…
    pkona mah top markotop lah,, simkuring bangga janten urng sumedaaang. geningan meni kacida endahna eta lemah cai tempat simkuring dilahirkeun teh,,,
    simkuriing oge bangga ka para bapak2 anu tos ngusahakeun pikeun ngamumule eta kota sumedang..
    semanggat teruuus bapak-bapak,,,, :)

  55. Pingback: Lokasi Tujuan Wisata Alam untuk Menikmati Liburan bersama Keluarga « Catetan kecil httsan

  56. Bagi Para Goweser khususnya penyuka Uphiil (Climber) dan adventure… boleh nyoba trek NANGORAK manteep .pemandangan edunnn….siapa mau nyoba? jalannya sekarang sudah cukup bagus namun dibeberapa bagian ada yg sudah rusak lagi….(maklum Proyek Borongan)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s