Mijn reizen, Stayeatandcool, Tanah-Air

Penganan di Selong, Lombok Timur


Bakso Urat di SelongKetika plesiran di kabupaten Lombok Timur, sempat menemukan tempat makan yang cukup unik. Makanan yang dijual sih macem-macem, dari beragam nasi goreng, beragam mi, beragam jus dan lain-lain. Yang agak unik adalah Bakso Urat. Uniknya adalah dalam satu sajian (satu mangkok) hanya terdapat satu bakso urat, dengan bentuk seperti “batu bata”, sangat tidak menarik. Bentuk ini diluar kebiasaan, dimana bentuk bakso lebih dikenal berupa bulatan penuh atau gepeng. Tapi… rasanya cukup yummy… Porsi satu bakso cukup mengganjal, tapi terasa mau tambah lagi…

Bagi yang sempat bermain ke Selong (ibu kota Kabupaten Lombok Timur), bisa menikmatinya dengan mampir di warung yang punya nama Depot Selun, terletak di Jalan Pahlawan, deket dengan Polres Lombok Timur.

Kerake Bagus RaseKalau sudah mampir ke Depot Selun, jangan lupa mampir juga ke Rumah Makan & Depot Es (demikian klaim yang punya) dengan nama Kerake Bagus Rase. Terletak di Jalan Imam Bonjol no.89, selain bisa makan sebagaimana di rumah makan biasa, disini juga bisa didapat makanan unik dengan nama Kerake. Dibuat (sepertinya) dari sejenis ketan, dan dikemas dalam bungkusan unik. Selain dijual satuan, juga dijual “besekan”. Dalam satu besek bisa berisi 25 buah (atau lebih) kerake, dengan model besek yang menarik.

Kerake SelongBentuk yang unik dan menarik, rasa yang khas, dan kemasan yang beragam, cocok untuk dinikmati selama perjalanan melintasi Lombok Timur. Cocok juga untuk oleh-oleh bagi pasukan yang selalu menunggu di rumah… : )

About these ads
Standard

54 thoughts on “Penganan di Selong, Lombok Timur

  1. Febiyan says:

    cobaq bi pede ajok lendang bedurik….sabol gen bi pada dait tono…grupuk lendong maraq beleq gajah no…. ado liaaaaaaaaaaaaatttt…..

  2. rico zagary says:

    waaaah gw mah dah sering makan di bakso sluuun…entr lagi gw pulg kampung… so mas seluuuhnnya siap2 aja yaaaa

  3. iqin_sasak says:

    alhamdulillan setelah membaca artikel ini saya jadi semakin rindu dengan tanah kelahiran saya..

    ya.. Pancor-Selon-Kelayu-Tanjung (jurusan angkot.he..) adalah kawasan yang hampir sering sekali kita lewati jika menuju pantai Labuhan Haji. Pantai yang saat ini di “sulap” menjadi pelabuhan daganng oleh Pemda Lombok Timur ternyata masih menyisakan kenangan yang tak terlupakan..

    saat itu saya masih duduk di bangku SMP (SMP NW, red) dengan mengayuh sepeda federal milik adik sepupu, saya meluncur dari Pancor-Jorong (kampung kelahiran, red) menuju pantai yang satu-satunya terdekat yang menjadi obyek alternatif liburan paling hemat. Dengan kayuhan sepeda hingga jarak 9-10 km dari Pancor kenikmatan pun menjadi sempurna, hanya dengaan menyentuh air laut dan sejenak duduk melepas regang otot, saya pun kembali mengayuh pedal kembali ke Pancor.

    Sebuah memory “aneh” yang hingga saat ini saya tak mampu melewatkannya. Hingga akhirnya saya pun berusaha menyempatkan diri ke Pantai Labuhan Haji sesekali jika berkunjung ke kampung halaman (Pancor).

    terakhir saya berkunjung ke Lombok Timur lebaran tahun 2007, bersama rekan-rekan yang sedang study di Yogyakarta, kami terlibat di agenda Uleq Bareng. waktu itu dengan hanya cukup membayar 280 Ribu dengan fasilitas 2 bus pariwisata langsung menuju lombok timur. selong dan aikmel.

    semoga kuliner lombok terus berkembang dan selalu inovatif…
    ohya.. ada yang berani inovasi plecing??

  4. frofil kecamatan dan potensi alam untuk kecamatan labuhan kok ga ada

    plecing kangkung
    cah kangkung dan sambal taliwang juga masuk profil…….
    ayo i love ….my country

  5. Salam kenal,
    Buat rekan-rekan yang berasal dari Lombok timur, bisa nggak minta tolong beri informasi alamat JL Lempung Selong Desa Pringgasela Lombok. ini alamat didaerah mana ya. Lalu kalau mau kesana dari kota Mataram menuju ke arah mana ya kalo lewat darat dan kira-kira perjalanan berapa lama ditempuh ke alamat tersebut.
    Trim’s berat atas info rekan-rekan.
    Salam
    Ketut Darma.

  6. cobak semeton jori pada aneng pancor jorong ato dasan lekong luek apa te jual kelepon kecerit hehehehe rasana uueeenak tenaaaaaaaaan…dasan lekong luek epe te jual sate manuk/ayam hahaha juga terosi

  7. sugeng pramono says:

    harusnya terus ke pancor untuk menikmati makan “enak n khas” di Warung Kelor dekat peremapatn Pacor …
    emang enak tuh warung kelor ..sekarang keadaan gimana yah disono ,
    gue udah ninggalin pancor dan selong dari tahun 1995 ,..ada keamjuan gak ..

  8. lalu teja says:

    beberok be si paling meik….malik terombok isik……..manuk teliwang……….eeemmmmm….mentoak liwat leq mudi….endekte pede gitaq………..,dan kalau pada ke lombok timur jangan lupa mampir di TETEBATU ino…desangku……meton………

  9. lu awan says:

    Oh Selong ku tercinta.
    Masa kecilku dulu di selong, dimulai taun 60 an, Selong yang kukenal dengan sangat baik sampai pelosoknya, dan kutinggalkan diakhir 70 an ke Bandung.
    Akhir taun kemarin kami pulang sekeluarga, sudah sangat jauh berbeda.
    kami sempat menikmati pantai yang eksotis Seliyat ( dekat Rambang ), makan2 dan menikmati keindahan dan keakraban yang sangat mempesona di alun2 taman2 pahlawan ( Its so amazing now )
    Sayang sekali kami ga keburu mampir ke Depot Selun.
    Mudah2an next trip kami datang, termasuk ke baso Pancor , Kelepon kecerit Dasan Lekong, Kerupuk Lendong Lendang Bedurik, Baso perempatan ke Sakre.
    Warung Kelor Pancor, wah pokoknya semua ingin dikunjungi. ( Rakus ihhh ).
    Semoga jajanan Lombok khususnya Selong makin membahana
    Dari Anak Selong sejati

    Salam SELONG ers

  10. papayas says:

    Kelayu deket rumah ku…

    sering mesen kerake buat oleh2 temen di malang….

    “jajan pocong” kalo temen2 malang bilang…

    wuuuunnnnaaaaaakkkkk!!!!

  11. jadi ingat rumah niiiiii,kalo aku paling enak masakan ibu aku,walaupun gak ada bakso urat cukup pelcing + ayam bakar ,wahhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh lodeh elor_ta trik semeton selapuk.

  12. MrZee says:

    saya sdh 15 th tggl di pancor. keadaanya biasa saja tdk terlalu istimewa. bagi saipa saja yg akan ber kunjung ke sana, saya sarankan utk dibatalkan. permpatan pancor kurang aman. banyak preman mabuk. siaran tv swasta satu pun tdk ada. sinyal HP sering gangguan. dijamin ketinggalan informasi. terminal sepi, tdk ada mall. narkoba
    merajalela.

  13. IGGA says:

    Aku tinggal di seruni…uda lama ga pulang..hampir 4 tahun..berembe kabar yah???skarang banting tulang buat surat kabar ibukota jakarta..tau milis anak selong ga?cuz slama ini milistnya slalu anak mataram..kurang ada yang greget gt…thanks..wait 4 feedback..

  14. sasaik tulen says:

    le kngen ite lerk btur no ni ……btur siepang ite jmak ke beberok katak dait pelecing mnuk no dek lupak endah …..rujak kenyamen no……….

  15. naufal says:

    aku kangen sekali dengan daerah kelahiranku yakni selong.sayang banget setelah aku pindah ke kendal,jateng ku dah gak bisa lg ke sana.salam aja wat nax2 mantan sd n 1 selong:meitha,antok,dll.I miss u all………..

  16. naufal says:

    Q kangen ma plecing makanan khas pancor penen ngerasain lagi.gimana ya???keadaan di daerah rakam apa udah smakin baek????

  17. kanak seruni says:

    be, te mineq milis kanak selong teh…mbe dengan lendang bedurik no ndi?aa bil..ayo kita buat milis…aden selek rame pe…
    Slam… selongers….

  18. Narto says:

    Tiang dengan jawe ne laguk snine tiang leman sakbar, mamiq tiang arak lek mengkuru gunung rajak, wah due tahun ne tiang ndkman olek jok lombok, kangen lalok ne suasana kampung bdait selapuk smeton. Kalau ada milis rekan-rekan dari lotim boleh ikutan dong. Tiang tunggu sambutannya nggih

  19. slam kngen N damai sllu piss to tmen” d BAGLORA
    Ooo…ia ngmbe kbr tmen” smua d cna,,,,
    kngen nich pngin bnget ngmpul” ma klian coalnya dh lmayaan lma kgak ktemu yaaa mene” te ngengat fton idengne….he he heiiiiii
    bee gk lpa so ndah to kluarga d cna cma mo blang tee ngendeng doa pya tetep shat di cniii……..amaiiiiin
    special to cyg ku d cna,jga dri baik” gih N jngan lpa ndeq clingkuh coalnya ak cyg bnget ma aD….
    I LOVE FOREVER
    dah dlu ya kpan” ta ktemu Thanks ak cyg smuanya
    by
    Eed Bali

  20. Selong,,,?!
    Ye lonto te gitak…
    Tapi heran,hati ini tak pernah mau jauh dri kota ini,beribu2 kenangan tlah trukir bersamanya…

    Jenggik-rarang-terara-montong ba’an-sikur-paok motong-masbagik belok kanan-dasan lekong-pancor-selong-kelayu-tanjung teros desa dan klurahan yg slalu mengisi keseharianku saat ini..

    Selain pelecing/beberoq,kerake,ada juga yg namanya temrodok cuma ada disakra,mantep brow…
    Sama keciput kalo lagi lebaran,he2w

  21. bambang says:

    PURWODADI-SELONG

    coba ikut bayangin,dari purwodadi jawa tengah, naik motor megelli 250cc cuman demi selong,,,lebar,sembalun,lembah hijau,labuhan haji dll,,nyewa tempat kos slm 4 hari di jln kartini milik pak abduh…….huuuffff,..SELONG “LOTIM” gak kan terlupakan dari catatan pengembaraan hidupku..di sana tertinggal jantung hati yang ada di banjar kemuning.

  22. ct nirwany says:

    hai semuanya…boleh dongx yang punya sinopsis cerita karangan sendiri soalnya mau di jadikan skenario.contac wany0878808286429(astrada)…trims…

  23. zacky-lg-dimakassar says:

    ingt-ingt lotim…..
    ingt-ingt bakso d lotim ena2 bgt……
    jadi pengen pulang sudah rindu ma selong………
    tidak lama lg pulang….
    sudah hampir 1 tahun g’ liat kota selong…….

  24. soalne lek jogje nasi kucing bareng gudeg doang sik numpek!
    yg pasti lam kangen buat tanahku tercinta,khususx taman kota!Kenangan yg kau berikan tak kan pernah mungkin kulupakan,!karena dihamparan rumput yg tumbuh disana pernah menjadi saksi tawa dan air mataku!epelogi lek bunderane..miek ite sehat soalne lari sore tiap hari n senam pg bilang minggu!tene jek goyo te sempet!uras tindok doang wah rarat aneng kampus!
    mosi ke dagang jageng,dagang sate,dagang es kelapa lek tini?salam lek dagangne, “AKU PASTI KEMBALI”
    untuk SELUN,,maaf lokasi baru belum bisa kukunjungi!
    Temen-temen…besok pas ku balik kita maem bakso di selun rame2 kayak dulu lg ya!
    masih kukenang,,,,walaupun empat tahun yg lalu!pasne mosi lek pancor!

  25. Halooo..Selong

    aq sedang mencari teman2 kecilku waktu di selong dulu..
    mungkin ada yg tau..mgkn punya kakak yg seumuran aq..kelahiran 1965

    aq tinggal di selong sejak TK..di TK Bayangkara
    aq tinggal di depan Kantor polisi..sebelah SMP..
    ayahku dulu dinas di PU
    aq sekolah di SDN 3 Selong

    banyak kenangan di kota Selong..
    tolong kabari aq yaa.. bisa di email..suemungga@yahoo.com

  26. D'Luckman Patuh Karya says:

    Aku jadi rindu ma Kota kelahiranku Kota Selong Lombok Timur,..skarang kota selong udah maju..aku akan pulang ke kota selong..oya ntr kalu aku dah pulang aku mau makan makanan yang tadi…kangeeeeeennnnn banget ma LOmbok Timur n Kota Selong

  27. Jalan prof. Moh. Yamin 70 Selong, di situlah rumah tinggalku, berpuluh-puluh tahun silam kutinggalkan merantau kenegeri sebrang, hanya satu yang tetap melekat dan tak terlupakan, “SERABI BEGULE dan PLECING MANUK”……..maik gati….!!!

  28. man says:

    slam bwat pemuda2 di Masbagiq……………!”
    …slam akan di buka ny pariwisata di Bumi Nyale….;”

    HArus bangga ……tuch …!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s