Tags


Gerhana BulanPada tahun 2007 ini akan terjadi dua kali gerhana bulan total (GBT), begitulah menurut kalender astronomi. Pertama akan terjadi pada tanggal 3 – 4 Maret 2007, dan GBT berikutnya akan terjadi pada 28 Agustus 2007. GBT adalah salah satu peristiwa yang sangat menarik terutama bagi penggemar astronomi, lebih-lebih para amatir. Banyak hal yang bisa dinikmati di malam saat terjadinya GBT ini (GBT gak pernah terjadi siang hari… hehehe..). Selain pemandangan bulan yang “dimakan raksasa” hingga tak bersisa, juga asik untuk diabadikan melalui foto atau video.

“Gerhana Bulan terjadi saat sebagian atau keseluruhan penampang bulan tertutup oleh bayangan bumi. Itu terjadi bila bumi berada di antara matahari dan bulan pada satu garis lurus yang sama, sehingga sinar matahari tidak dapat mencapai bulan karena terhalangi oleh bumi.” (Sumber: Wikipedia)

Untuk Jakarta-Bogor dan sekitarnya, kejadian ini bisa dinikmati pada tanggal 4 Maret 2007, Minggu dini hari, mulai jam 3.48 WIB. Ini saat bulan memasuki bayangan penumbra. Sedangkan saat bulan “dimakan raksasa” akan dimulai pada jam 6.15. Sayang sekali saat sang bulan memasuki mulut raksasa, sudah sangat sulit diamati karena saat itu cahaya matahari sudah cukup terang.

Bagi penikmat yang tinggal di Eropa Tengah, misalnya, untuk menikmati tinggal “jaga waktu” sekitar 5-6 jam lebih lambat dari WIB. Sedangkan dari wilayah ujung barat Indonesia mungkin perbedaan waktu sekitar 30 menit dari waktu Jakarta.
Maksimum fase GBT ada pada pukul 6.52 WIB, dan GBT pada bayangan umbra ini diakhiri pada jam 7.29. Sedangkan Bulan akan melewati bayangan penumbra sekitar jam 9.56 WIB.

Sayang sekali, dari Bogor GBT tidak bisa dinikmati. Semoga GBT ke-2 tahun ini, yang akan terjadi pada 28 Agustus 2007 bisa ternikmati dengan baik.

Bagi penikmat angkasa, selamat ber-tadabur alam…
: )