Tags

, , , , , , ,


Buku AlovWebGIS, sudah banyak yang tahu “binatang” apakah ini… (baca: GIS dan WebGIS). Membuatnyapun sudah bukan masalah lagi dengan semakin banyaknya pengembang perangkat lunak khusus pendukung. Modal yang diperlukan untuk membangun ini dari puluhan juta sampai yang hanya modal warnet dan rajin berselancar di web dalam rangka mendapatkan versi opensource-nya…

Salah satu engine webgis berbasis java (applet), dan opensource, adalah ALOV Map. Beberapa pengenalan Alov sudah pernah tertulis pada beberapa waktu lalu, antara lain:

Bagi yang mau belajar Alov, saya sedikit corat-coret di “buku praktik” yang bisa dicoba-coba sendiri dengan data yang juga sudah disiapkan. Yang diperlukan adalah sedikit pengetahuan tentang data (dalam hal ini berformat shp), dan sedikit keinginan untuk mempelajari XML (Extensible Markup Language). Selain XML tentunya HTML juga perlu dipahami.

Perangkat lunak pendukung yang diperlukan gak neko-neko, siapkan saja pengolah kata (text/ascii) seperti Notepad atau Wordpad di Windows atau XML editor (yang bisa didapat free, sila googling saja), dan browser (Internet Explorer, Firefox, atau yang lainnya yang bisa menjalankan java). Jika sistem operasi yang dipakai adalah WinXP sebaiknya instal Java (J2SE, Java 2 Platform Standard Edition, bisa diunduh dari situs Java SE dengan gratis) sebelum menjalankan aplikasi Alov ini.

Silakan unduh materi yang diperlukan:

  • Alov selintas (pdf, 91 Kb), mengenai Alov;
  • Buku praktik (pdf 987 Kb), petunjuk langkah demi langkah;
  • Data yang diperlukan (zip 682 Kb), data yang digunakan dalam praktik;
  • Applet Alov, diunduh dari situs web Alov, free.

Modul/buku + Data praktik dapat diunduh dengan klik disini (1.7 MB).

Buku praktik dapat digunakan untuk belajar sendiri dan dilarang digunakan untuk kegiatan komersil.

Tidak ada jaminan atas kesalahan dalam petunjuk praktik tersebut. Sejauh ini telah dicobakan berulangkali dan tidak ditemukan akibat buruk terhadap sistem komputer yang digunakan.

Tidak jalannya program sebagian besar disebabkan oleh hal-hal berikut:

  • susunan folder/subdirektori yang tidak benar.
  • kesalahan dalam pengetikan.

Jika ada yang perlu didiskusikan dapat menggunakan fasilitas “comments” pada halaman ini.

Selamat mencoba… : )