Tags

,


Gambar-1. Gerhana Cincin Oktober 2005Selain Gerhana Bulan, pada tahun 2007 ini akan terjadi 2 kali Gerhana Matahari. Menurut kalender astronomi Gerhana Matahari akan terjadi pada hari Senin 19 Maret 2007 dan juga pada Selasa 11 September 2007. Kedua peristiwa ini adalah Gerhana Matahari sebagian. Sayang sekali keduanya tidak bisa dinikmati dari Indonesia.

Pada 19 Maret 2007, jika ingin menikmati maka harus berada di daratan benua Asia. Kawasan yang “terlintasi” peristiwa ini adalah mulai dari Irak – Rusia pada sisi Barat, hingga sebagian pantai Barat Kepulauan Jepang – pantai timur Rusia pada sisi Timur. Batas Selatan adalah India – Sri Langka di Asia Selatan hingga Thailand – Vietnam di Asia Tenggara.

Gambar-2. Live Eclipse - 1Mungkin peristiwa ini bisa kita saksikan lewat situs web secara langsung. Hal ini pernah terjadi saat Gerhana Matahari Cincin pada 3 Oktober 2005. Saat itu saya sedang terdampar di University Gent, Belgia. Dari dalam ruang kerja seorang rekan, Tony, gerhana disaksikan dengan dua cara yaitu mengintip langsung ke sang matahari dengan menggunakan negatif film yang telah “terbakar” sebagai filter cahaya, dan juga menyaksikan dari layar monitor (internet) yang tengah menampilkan peristiwa gerhana secara langsung.

Dari tatapan langsung ke matahari (tentunya pakai filter negatif film tadi) dapat disaksikan saat matahari mulai tertutup oleh bulan. Sayangnya yang dapat menikmati Gerhana Matahari Cincin ini hanyalah di sebagian wilayah Spanyol, Aljazair, Libya, Sudan dan Etiopia. Tapi tak urung sempet juga curi-curi foto pakai kamera digital yang juga dilapisi negatif film di depan lensanya. Hasilnya seperti yang bisa dilihat pada foto pertama di atas. Lingkaran hitam adalah garis bantu batas lingkar matahari. Terlihat sisi kanan matahari sudah tertutup sebagian oleh bulan (dari Belgia hanya terlihat sebagai gerhana matahari sebagian).

Gambar-3. Live Eclipse - 2Pada tampilan di web, yang diakses dari alamat www.live-eclipse.org, dapat dinikmati dengan nyaman peristiwa ini tanpa harus memakai filter dan menengadahkan kepala… Peristiwa yang disaksikan secara langsung ini menggunakan bantuan perangkat lunak Windows Media Player (video streaming). Dari mulai tahapan awal sang bulan menyentuh pinggir matahari hingga sang matahari tertutup pada bagian tengahnya, menyisakan “Cincin” yang indah disekelilingnya.

Subhanallah, indahnya gerhana, indahnya ciptaan Mu…