Tags

,


Anggota FBIAkhir minggu dimasa libur panjang, karena Senin libur hari Raya Nyepi, kembali diisi dengan keluyuran bareng pasukan. Kali ini tujuan masih di sekitar kota, yaitu di Gedung PHKA Kehutanan Bogor, yang berlokasi di samping pintu utama Kebun Raya Bogor. Dari rumah jam 8, mampir dulu di dekat Bogor Permai untuk menikmati sarapan pagi di pelataran parkir. Tempat ini memang menjadi favorit untuk “kegiatan sarapan” terutama di hari libur. Selesai sarapan, sempat menikmati pemandangan Gunung Gede – Pangrango yang indah di tepi Ciliwung, sebelum meneruskan perjalanan ke lokasi tujuan.

Ada apa repot-repot ke gedung PHKA di hari libur akhir pekan yang cerah ini…? Ada yang menarik bakal terjadi disini (demikian harapan hati). Hari ini, Sabtu 17 Maret 2007, akan ada pertemuan pertama para pencinta badak. Siapa sih pencinta badak…? Pencinta badak adalah semua manusia yang mencoba memberi perhatian lebih pada badak, salah satu spesies ciptaan Nya yang hampir punah di muka bumi. Hari ini, di ruang Komodo, berkumpul banyak manusia Indonesia dengan berbagai macam latar belakang profesi, dan semua berbicara tentang satu hal: badak Indonesia.

Kegiatan ini tampaknya kelanjutan dari gempitanya menyambut kembali Andalas, seekor badak Sumatera yang baru datang pada bulan Pebruari lalu (baca: Menyambut Andalas). Dan acara hari ini (yang sudah di woro-woro melalui milis pencinta badak) berjalan dengan “sersan” sekali (kata “sersan”, kependekan dari “serius tapi santai”, mengingatkan jaman dahulu kala saat masih jadi pendengan setia Prambors, radio kawula muda Jakarta, hehehe…). Acara dibuka dengan sambutan hangat dan perkenalan (perlu perkenalan karena ini pertemuan pertama para penyinta badak dalam forum informal). Ada banyak cerita dari mas Inov dan mas Marcel tentang badak dan perjalanan Andalas dari Amerika ke habitat barunya di Taman Nasional Way Kambas, Prov Lampung, pada Pebruari lalu.

Pada kesempatan ini juga sekalian dibentuk “serius” kumpulan para pencinta badak Indonesia. Forum menyetujui nama “resmi” dari komunitas baru ini yaitu Forum Badak Indonesia, disingkat FBI. Ini adalah forum komunikasi antarpencinta badak melalui media utama yaitu internet dan berharap anggota dapat lebih mengenal sekaligus mencintai dan melakukan aksi nyata dalam membantu menyelamatkan “populasi” badak Indonesia. Seperti diketahui di Indonesia terdapat dua jenis badak yaitu Badak Jawa dan Badak Sumatera yang hampir punah. Keduanya memerlukan bantuan kita semua dalam menjaga “kelanjutan” kehidupan.

Acara yang hangat (walau suhu ruang cukup dingin), yang dihadiri juga oleh Bapak Efendi Sumarjan, Bapak Yusuf Sandi, mas Marcel, mas Sectionov, mas Riki, teh Dedeh, mbak Reti, dan banyak lagi lainnya (belum apal namanya…) diakhiri dengan foto bersama dan satu tekad baru untuk bersama-sama berbuat nyata bagi ciptaan Nya yang eksotik, Badak Jawa dan Badak Sumatera.

Forum Badak Indonesia keanggotaannya bersifat terbuka, sehingga siapapun bisa bergabung, dan dapat dimulai dengan menjadi anggota milis dengan mengirimkan email kosong ke alamat: Indorhinoteam-subscribe@yahoogroups.com.

Sedangkan Yayasan Badak Indonesia (www.badak.or.id) menjadi acuan dalam berjalan kedepan bersama…

Yuk kita gabung… : )

Advertisements