Tags

,


Setting cetakMenataletak tampilan (layout) pada perangkat lunak ER Mapper sangatlah gampang. Hal ini salah satu yang disukai pemakai dalam “mengakhiri” pekerjaannya dalam menampilkan hasil pemrosesan citra pada media cetak. Sepanjang perangkat lunak penghubung (driver) antara komputer dan mesin pencetak (printer) sudah terpasang dengan baik maka tinggal kirim dokumen yang telah dirangkai dalam “alg” ke mesin pencetak… beres…

Segampang itukah proses pengiriman dokumen ke mesin pencetak..?

Dalam kenyataannya sering ditemukan masalah dimana komputer yang menyimpan data dan olahan tidak tersambung pada mesin cetak. Jika harus memasang perangkat lunak ER Mapper ke komputer yang telah terhubung dengan alat cetak, urusan akan menjadi sangat repot. Apalagi jika komputer tersebut berada jauh dari lokasi dimana kita memroses data. Belum lagi masalah penggandaan data yang telah diproses.

Salah satu solusi adalah mencetak dokumen (tataletak yang telah siap) kedalam format gambar (misal, dalam format TIFF) kemudian tinggal membawa file TIFF luaran ke komputer manapun yang sudah terhubung dengan alat cetak. File TIFF bisa dibaca oleh semua perangkat lunak grafis, yang biasanya telah terpasang pada komputer yang tersambung ke alat cetak. Biasanya lhooo…

ER Mapper sudah menyediakan kemampuan ini sejak dulu yaitu dengan mengarahkan pilihan pencetakan pada Hardcopy Control Files. Pilihan ini bisa dilihat pada File -> Page Setup… Dalam pilihan tersedia beberapa ukuran luaran. Untuk format TIFF, misalnya, ada ukuran luaran 16×16, 64×64, 640×640, dan 800×600 piksel dalam format 24 bit. File yang mengatur hal ini bisa kita lihat pada: \ERMapper\hardcopy\Graphics dan semua file “*.hc” tersebut bisa dibaca dengan menggunakan Wordpad (atau pengolah text lain).

Misal, untuk ukuran luaran 800×600 (file: TIFF_800x600_24bit.hc) terdapat baris keterangan:

HardCopyInfo Begin
Name = “TIFF”
DotsPerInchAcross = 100
DotsPerInchDown = 100
MaximumDotsAcross = 800
MaximumDotsDown = 600
FilterProgram = “hetotiff -d24 $ERMTMP/ermhe.tif”
OutputProgram = “NONE” # place marker

Berarti luaran akan mempunyai ukuran lebar 800 (MaxDotsAcross)/100 (DotPerInchAcross) = 8 inchi. Sedang ukuran panjang 600/100 = 6 inchi. Dan file luaran akan disimpan pada folder temporer dengan nama “ermhe.tif”.

Bagaimana jika tataletak kita mempunyai ukuran khusus, misalnya ukuran kertas A1 (33,08 x 23,38 inchi)..? Bagaimana “mengakali”-nya..? Berdasar hitungan dari parameter yang kita tahu, dan dengan mempertahankan resolusi 100 dpi (untuk memudahkan penghitungan), maka file tersebut bisa kita ubah parameternya menjadi:

DotsPerInchAcross = 100
DotsPerInchDown = 100
MaximumDotsAcross = 2338
MaximumDotsDown = 3308

Dengan perubahan pada MaxDotsAcross dan DotsDown maka luaran tataletak akan menghasilkan luasan sesuai dengan ukuran kertas A1 (posisi portrait). Agar perubahan dikenali maka jangan lupa file ini disimpan dalam nama yang berbeda, misal: TIFF_A1-P_24bit.hc.

Ukuran lainnya bisa dipakai juga dengan mengubah parameter sesuai dengan yang diinginkan. Perubahan file “.hc” ini bisa digunakan pada ER Mapper versi 5.x dan 6.x. Sedangkan versi 7.x saya belum pernah coba…

Jangan lupa, pada saat proses pencetakan diatur dulu letak file hasil. Prosesnya, misal, File -> Print (perhatikan Outputname arahkan pada file hc yang baru dibuat tadi) -> Setup, kemudian ubah $ERMTMP/ermhe.tif pada isian Filter Program ke folder kerja, misal: c:\work\hasil.tif.

: )