Tags


Nasi Bakar CijambeCijambe, sebuah kecamatan di Kabupaten Subang, yang mempunyai jalur alternatif saat kita berkendara dari Jakarta menuju ke Bandung atau Sumedang jika melalui Jalan Cagak. Cijambe terletak antara kota Subang dengan Jalan Cagak.

Saat perut menuntut untuk diisi, banyak sekali tempat yang bisa disinggahi di sepanjang Subang – Jalan Cagak. Banyak tempat singgah berarti banyak pilihan makanan. Salah satu yang menarik adalah Nasi Bakar Cijambe.

Nasi Bakar ini adalah nasi yang dimasak dengan santan, kemudian dibungkus dengan daun pisang, dan kemudian dibakar. Rasanya antik dan unik. Seperti nasi gurih tetapi ada terasa bedanya.

Membakar Nasi BakarNasi Bakar ini antara lain dapat ditemui pada rumah makan Nangka yang terletak di desa Cijambe, Kampung Lempar, Kecamatan Cijambe, tepat ditengah-tengah antara Subang dan Jalan Cagak. Kira-kira 9 km dari Subang, di kiri jalan kita bisa temui rumah makan ini. Rumah dari bambu dan berparkiran cukup luas, dengan tempat makan beropsi: di meja atau lesehan.

Selain Nasi Bakar, banyak jenis makanan lain yang bisa dinikmati seperti nasi timbel, pepes ayam, pepes ikan, ikan bakar, ikan goreng, belut goreng, udang goreng tusuk, beragam sayur (daun pepaya, daun ubi, jengkol, pete, dll). Minuman pelepas dahaga pun beragam. Dari minuman kaleng dingin, hingga minuman yang segar seperti jerman (jeruk manis) dan berbagai jus. Sayang sekali saat berada disana tidak ada minuman jenifer (jeruk nifis feres)…

Sayur asem bisa ambil sendiri, jadi bisa puas milih isinya dan banyaknya… Kembali ke Nasi Bakar, apa bedanya dengan nasi lain seperti nasi timbel misalnya…? Mmm… mampir aja deh dan rasakan bedanya…
: )