Tags

, , ,


Upland AgricultureDari lokasi di lereng gunung Rengganis yang masih asri ini banyak sekali hal yang bisa dinikmati. Rekaman video terdahulu adalah berbagi pandangan sisi timur Nangorak. Bagaimana dengan pemandangan di sisi barat bukit Nangorak ini..?

Sisi barat bukit ini berbatasan langsung dengan tanah garapan petani musiman, sebelum kemudian diakhiri dengan batas sungai. Sisi setelah sungai masih merupakan hutan di lereng yang sangat curam. Curah hujan yang luar biasa beberapa saat lalu mengakibatkan longsor dibeberapa bagian lereng ini. Massa tanah dan disertai pepohon yang terseret sempat menutup aliran sungai di lembah.

Beberapa rekaman pemandangan sisi barat Nangorak dapat diikuti berikut ini:

Rekaman di atas diambil dari atas sepeda motor, saat menuju ke gerbang depan untuk memulai perjalanan di lembah barat Nangorak.

Di latar belakang terlihat dua bagian tebing terbuka akibat longsor. Sementara itu terlihat sisi Barat – Barat Laut bukit ini didominasi oleh pertanian musiman. Beberapa petani bahkan datang/berasal dari daerah yang jauh dari Sumedang seperti Lembang.

Rekaman diatas juga masih menggambarkan lahan garapan musiman yang semakin marak akhir-akhir ini.

Dikejauhan beberapa bukit terlihat mulai gundul karena kegiatan pertanian ini. Sementara di sisi Barat dan Barat Daya bukit ini (berlokasi agak jauh) masih ditutupi oleh hutan lebat.