Tags

,


3D AnalystSelain modul Spatial Analyst, modul 3D Analyst merupakan modul menarik untuk dimainkan. Modul ini termasuk modul lama, yang terpisah, dalam perangkat lunak ArcView 3.x. Modul ini mendukung 3D shape, pemodelan permukaan, dan penampilan perspektif suatu data pada ArcView (Bagi pengguna ArcGIS, kemampuan ini sudah tersedia).

Tidak hanya sekedar menampilkan bentuk 3 dimensi, tetapi juga mendukung perhitungan yang ada, seperti luasan suatu permukaan yang tidak berbentuk datar dan menghitung volumenya. Misalnya: menghitung luasan permukaan dasar danau dan juga menghitung panjang keliling, serta volume air danau tersebut.

Beberapa hal mendasar mengenai 3D Analyst yang perlu diketahui bisa diikuti pada slide berikut (browser memerlukan plugin untuk flash):

Untuk mencoba 3D Analyst, ArcView harus mempunyai extension 3D Analyst yang merupakan modul terpisah. Jika digunakan ArcGIS maka modul ini sudah langsung bisa digunakan. Data bisa digunakan dari data ketinggian (titik tinggi) atau data dari SRTM. Beberapa langkah yang bisa dilakukan pada modul ini sila simak di slide berikut:

Beberapa sudi kasus mengenai pemakaian modul ini akan diposting kemudian. Selamat bermain…

: )