Tags

,


3D - LakeKemarau panjang selalu menghantui banyak daerah di Indonesia. Kebutuhan akan air, selain sebagai kebutuhan hidup sehari-hari, juga sebagai air tanah dan pengaliran untuk tetumbuhan. Danau dan waduk adalah andalan untuk menampung air untuk kemudian didistribusikan ke berbagai wilayah di sekitarnya.

Seberapa besar daya tampung sebuah danau bisa kita ketahui dari pengukuran volume basin danau tersebut. Pengukurannya sangat sederhana. Yang repot adalah mendapatkan data kedalaman danau tersebut sebagai masukan dari perhitungan kita.

Rekan saya, Erwin, mencoba menjelaskan proses perhitungan volume air danau dengan menggunakan modul 3D Analyst ArcView dan Wenwen menggunakan GRASS.

Erwin memilih waduk Jatiluhur di Jawa Barat sebagai daerah yang akan diduga volume basinnya. Karena ini hanya mencoba menerangkan prosesnya, maka data yang digunakan pun hanya data SRTM.

Selengkapnya bisa disimak di slide berikut ini:

Sedangkan Wenwen mencoba bermain dengan GRASS (Geographical Resources Analysis Support System), perangkat lunak GIS yang opensource. Lokasi yang dipilih adalah danau Lorelindu di Sulawesi Tengah. Perhitungan yang dilakukan menggunakan data hasil survey kedalaman di beberapa titik pada danau tersebut. Proses yang cukup menarik. Silakan simak tahapannya pada slide berikut:

Aplikasi apa yang bisa dikembangkan dari perhitungan volume air danau ini..?

Mengingat banyak kasus penurunan muka air danau di beberapa tempat di Indonesia seperti danau Toba (Sumatera Utara) dan danau Aneuk Laot (Sabang, Aceh) yang diduga akibat dari proses tektonik, maka perhitungan ini bisa digunakan untuk melihat laju penurunan muka air danau tersebut. Beberapa danau di Jawa Timur dan Barat pun mengalami penurunan muka air yang diakibatkan perubahan cuaca, hal ini kemudian bisa disimulasikan terkait dengan cadangan air waduk tersebut untuk keperluan utamanya (pengairan sawah..?).

Ini metoda sederhana, tapi rasanya cukup menarik untuk dimainkan bagi yang hobi GIS 3 dimensi…

: ) (makasih untuk Erwin dan Wenwen atas materialnya)