Mujair Woku BelangaIkan masak woku adalah makanan made in Menado. Tetapi kenikmatannya masih menjadi favorit di tempat yang jauh dari Manado, yaitu di kota Jayapura, Papua. Setidaknya itu yang saya rasakan saat mampir di kota pantai ini.

Ada dua macam sajian woku yaitu woku belanga dan woku bakar. Sedangkan ikannya bisa dari air tawar (yang enak jenis mujair), bisa pula dari laut. Ikan masak woku bisa ditemui di banyak tempat di Jayapura, tetapi yang cukup manstap adalah, setidaknya, di tiga tempat dalam komplek pertokoan JPP alias Jayapura Pasifik Permai. JPP ini terletak di wilayah Dok-2.

Selera NusantaraDari beberapa tempat yang dicoba, tercatat Selera Nusantara, Ratu Permai, dan Duta Cafe menjadi tempat yang cukup manstap dalam menikmati masakan ikan masak woku ini.

Saat siang, mampir di Selera Nusantara dan menikmati mujair woku belanga. Saat malam, sempat mampir di Ratu Permai untuk menikmati kakap merah woku bakar. Dua tempat ini adalah rumah makan dalam komplek pertokoan JPP, yang berada satu lokasi juga dengan Hotel Swissbell.

kakap merah woku bakarKeduanya mempunyai layanan yang lama. Dan rupanya sekalipun saat pesan sudah disebutkan “gak pake lama” tetep aja mesti nunggu lama. Tapi kekesalan nunggu segera terobati dengan rasa masakannya yang mmmm… Sangat sulit dilukiskan, hanya bisa dirasakan. Saya yakin saat nanti berkesempatan ke Jayapura lagi, dan mampir di tempat ini lagi, akan sangat susah menunggu lamanya waktu penyajian karena sudah terasa nikmatnya ikan masak woku yang akan tersaji…

Duta CafeGaya penyajian di Duta Cafe berbeda. Jelaslah, karena ini adalah warung tenda, hanya ada waktu malam. Kecepatan saji cukup lumayan, dengan dikontrol langsung oleh big boss yang selalu teriak pada petugas layannya.

Rasa ikan masak wokunya…

Sammmmaa… wow bangetttt…!!!

: )