Bermain dengan GPSBermain dengan Ruang atau Bermain di Ruang..? Ruang yang mana..? Ruang kamar, ruang tamu, ruang makan..? Memang kalau dengar kata ruang maka yang kebayang adalah tempat dengan batas rigid dan berbentuk tertutup, seperti ruang yang disebut diatas. Dalam tulisan ini, ruang yang saya maksud adalah terjemah dari spatial (mungkin lebih tepat: keruangan/mengenai ruang/tempat).

Mengapa ada kata “bermain”..? Karena rangkaian kata ini saya tujukan pada aktifitas anak-anak. Sehingga “Bermain dengan Ruang” adalah ajakan kita memperkenalkan pengertian luas dari ilmu keruangan dengan pola-pola bermain kepada anak-anak.

Metode pengenalan keruangan, saya yakin, sudah banyak diperkenalkan terutama di dunia pendidikan formal. Banyak kegiatan di sekolah, pada bermacam mata pelajaran, yang sudah menerapkan sejak dulu.

Seingat saya, saat kelas 3 SD akhir 70-an saya sudah diajarkan mengenal Peta Buta. Peta Buta adalah pengenalan bentuk suatu daerah (misal: gambar sepotong pulau), kemudian kita diminta mengenali bagian dari pulau apakah peta tersebut. Selain Peta Buta, saat itu juga sudah diperkenalkan bagaimana menggambar Batas wilayah Provinsi yang didasari dari buku peta atlas. Pada buku atlas diberi garis-garis penolong berupa garis bersilang dengan jarak tertentu. Pada kertas kosong juga diberi garis-garis penolong serupa. Kemudian penggambaran dilakukan dengan melihat kedekatan relatif garis yang dibuat dengan garis bantu, dengan dibandingkan pada gambar acuan di atlas. Wow, mengasyikkan juga.

Dengan berkembangnya teknologi dan pemakaian alat bantu yang semakin terjangkau dan mudah, maka ada baiknya jika segala bentuk pengenalan keruangan tadi juga mulai menggunakan alat bantu ini. Alat bantu bisa berupa GPS, buku Peta Atlas, Kompas, Web interaktif, dan masih banyak lagi. Asiknya menggambar peta dan bermain GPS bareng anak sudah pernah saya tulis saat lalu (pengalaman pribadi, sila baca Jiplak Menjiplak, dan Berjalantualang diakhir minggu).

Saya mengajak rekan-rekan yang berminat dalam pengajaran keruangan untuk anak-anak untuk bersama-sama membuat dan mengumpulkan ide atau saran atau bahkan metode dan permainan yang telah jadi, kemudian bisa kita sajikan dalam sebuah situs web. Hal ini bertujuan agar semua “permainan keruangan” tersebut bisa dengan gampang diakses oleh semua orang, dan bisa diterapkan oleh siapapun…

Beberapa situs sudah memberikan hal serupa, dan banyak yang menyebutkan sebagai GIS for Kids, GPS for Kids, Map for Kids, de-el-el…

Pada kegiatan ini saya beri nama yang gampang untuk diingat dan lebih Indonesia, yaitu: BERUANG.

Nama hewan yang sering terucap oleh anak-anak. Kata yang bisa berarti “Bermain dengan Keruangan” (atau apapun lah…), yang intinya adalah menghimpun hal-hal seperti tersebut diatas.

Ini adalah kegiatan nirlaba, sepenuhnya atas inisiatif kita bersama untuk kemajuan dunia /wawasan spasial anak-anak (atau adik-adik) kita…

Sebelum melangkah lebih jauh, terlebih dahulu saya ingin melihat tanggapan ataupun usulan dari rekan semua. Sila gunakan isian di bawah ini.

Go Spatial… Kids…!!!

: )