Tags

, , , , ,


Team WorkAwal September 2007. Suasana sore itu begitu cerah, matahari yang bersinar masih pada posisi tiga per empat perjalanan sebelum sampai peraduannya.

Sekelompok orang terlihat sedang berjuang dengan utasan temali yang panjang dan terlihat berat di pantai yang berpasir dan sedikit berbatu.

Tim yang terdiri dari sekitar sepuluh orang lelaki sedang bekerja dengan seperangkat jaring.

With my soul

Tim ini adalah sekelompok nelayan yang memilih menjaring ikan di pantai. Sebuah perahu digunakan untuk menebar jaring di jarak sekitar 70 sampai 100 meter dari pantai.

She is waiting

Sementara itu kedua ujung temali jaring dipegang oleh dua tim kecil, dimana masing-masing tim terdiri dari empat orang.

Come closer

Setelah diyakini ada sasaran yang masuk dalam jaring ini, tim segera bergerak. Tim kecil pertama menarik temali dari satu sisi ujung jaring, sementara tim kecil yang lain menariknya dari sisi lainnya.

Almost finish

Jaring yang semula cukup lebar terbentang, lama kelamaan semakin menyempit karena kedua tim kecil bergerak secara teratur dalam menarik jaring ini, dengan arah semakin merapat. Tempat yang dipilih adalah bagian yang berpasir, agar jala tidak menyangkut di bebatuan.

From the net this evening

Bersamaan dengan merapatnya jaring utama, kaum ibu juga mulai berkumpul, untuk ikut serta dalam kegiatan ini. Dengan membawa bakul dari berbagai ukuran mereka siap menyambut kedatangan hasil jaringan.

Working together

Setelah semua bagian jaring tertarik ke pasir pantai, dimulailah pengambilan hasil. Saat ini semua tim bergabung dalam menuai hasil keringat mereka, dengan hasil ikan yang beragam. Ada ikan yang berukuran besar, tetapi banyak juga yang berukuran kecil.

The end of session

Akhir dari sesi hari ini adalah dengan mengatur kembali jaring yang ada. Panjangnya jaring cukup memakan waktu untuk merapikannya.

Kegiatan di pantai Baluk Rening ini, daerah pantai selatan Kabupaten Jembrana Bali, sangat asik dinikmati. Lebih-lebih karena tempat ini adalah daerah wisata dan sangat mudah dijangkau dari jalur utama lalu-lintas Gilimanuk – Denpasar.

Melihat Pantai Rening di Flickr Maps sila klik disini.