Tags


Pada 6 Nopember 2007, jam 13:14:49 (setidaknya itu waktu yang tercatat di hp), ada sms masuk tanpa nomor, dan cuma muncul NEWSLINKsmc sebagai pengenal. Isinya:

Welcome to the NEWSLINKsmc-short message community.Kami akan menyampaikan berbagai ide, gagasan & pendapat seputar Kongres dan Pemilihan Ketua IA ITB 2007-2011.

Aneh, tanpa melakukan register apapun, tiba-tiba (sepertinya) sudah teregister dengan layanan sms otomatis. Segera kirim balik dengan menuliskan UNREG, tapi tak ada respon.

Hari esoknya (7/11 @ 15:49:47) datang lagi sms serupa, dengan sedikit tambahan isi dan embel-embel nomor hp (entah punya siapa) di bagian akhir pesan:

WELCOME to the NEWSLINKsmc-short message community.Anda kami register sbg penerima pesan singkat GRATIS, seputar Kongres &Pemilihan Ketua IA ITB*SMS 0811186139.

Yang pertama saya lakukan adalah tekan Reply lalu ketik UNREG. Responnya adalah: pesan tidak dapat terkirim. Nomor hp yang tampil di akhir pesan gak saya kontak. Gak lama, pada 17:09:09, ada pesan lagi yang masuk atas nama NEWSLINKsmc: “IA ITB hrs mampu jadi akselerator,dlm pencapaian ITB sbg world class university,dg meningkatkan kualitas dosen&penelitian.Demikian Alumni ITB 1969 A.Fuad Afdal.”

Waduh, kayaknya ini semakin aneh dan juga mulai menyebalkan. Apakah ini dalam rangkaian kegiatan pemilihan ketua IA suatu perguruan tinggi..? Ini cuma nerka-nerka aja, karena pemberitaan prosesi tersebut sangat hingar bingar di media massa, dan kebetulan sms gelap yang datang juga membawa nama PTN.

Apapun alasan pengiriman sms tersebut, jelas sudah tergolong SPAM, dan sangat mengganggu. Siapa menjamin bahwa sms tsb GRATIS (seperti yang tampil pada pemberitahuan kedua, tgl 7/11). Sekalipun gratis, info yang diberikan adalah yang tidak diperlukan (bahkan tidak diinginkan) oleh pemilik nomor (apalagi tanpa daya untuk UNREG) …! Apakah ini sudah merupakan… kejahatan…?

Semoga termasuk kategori “kejahatan”…

Perlu lapor Full-isi…? Atau fool-isi…? Gak tau juga…

Sebagai pihak yang awan akan teknologi komunikasi, belum tau bagaimana melepaskan diri dari sms gelap ini…

Bisa dikerjain ama tek-kom kayak begini… kok rasanya gelaaaaaap banget…

: (

Tambahan:
Dari info headernya, Sender SMSC +42379010599 (gak tau juga sih, apa fungsi info di headernya ini)…