Tags

,


Fuji Hakone Izu National ParkBulan Maret – April selalu mengingatkan satu hal, yaitu saat bunga Sakura melintas daratan kepulauan Jepang. Masa bunga yang “setahun sekali” selalu menjadi momen menarik bagi siapa saja pencinta bunga dan keindahan alam.

Kali ini bukanlah cerita tentang keindahan Sakura, tapi pengalaman singkat saat mencicipi telur rebus di suatu tempat yang indah, Hakone. Dan ini terjadi sepuluh tahun yang lalu… Maret-April 1998… wah dah lama juga…

Hakone adalah kota yang termasuk dalam region Kantō di Distrik Ashigarashimo, Jepang. Kota yang masih kental dengan kondisi “ndeso” diberkahi pemandangan gunung Fuji dengan topi saljunya yang sangat indah. Gunung Fuji berjarak sekitar 30 km arah Barat Laut dari tempat ini.

Danau AshiMenuju Hakone dari Shinjuku, Tokyo, dapat ditempuh dalam waktu 70 menit via kereta cepat. Stasiun kereta terdekat dari Hakone adalah Mishima Station.

Kota ini mempunyai danau bernama Ashi yang indah mengelilingi dataran yang lebih tinggi (gunung) yang masih aktif, Komagatake. Silakan lihat keindahan danau Ashi di Google Maps dengan klik disini.

Sebagian kawasan di gunung ini menjadi taman nasional bernama Fuji-Hakone-Izu National Park. Daerah belerang aktif adalah salah satu yang menarik tujuan para turis. Daerah belerang ini dilihat pada Google Maps bisa dengan klik disini.

Beli telur rebusan belerangPada hampir setiap kawasan berbelerang aktif biasanya terdapat “atraksi” kekuatan panas yang ada dalam bentuk “memasak telur”. Entah kenapa ini terjadi hampir di semua tempat serupa (di Tangkuban Perahu, Jawa Barat, juga ada hal seperti ini).

Dan berhubung ritual semua yang datang adalah makan telur rebusan panas belerang sambil menikmati keindahan alam plus kehangatan uap belerang ya ikutan lah akhirnya… Dengan sekian Yen didapat beberapa butir telur rebus. Kalo nggak salah dengan 500 Yen saja maka dapet 6 butir telur hangat.

Peralihan musim di bulan Maret – April, yaitu dari musim dingin ke musim semi, masihlah menghadirkan temperatur yang masih cukup dingin (terutama bagi penghuni katulistiwa).

Menghangatkan tubuh dg asap belerangJadi, makan telur rebus di tengah kehangatan uap belerang, walau bau gak sedap, tetaplah “mengasyikkan”.

: )