Tags

, , , , ,


With my soul on MDGsMendapatkan hasil jepretan dipajang disuatu ‘etalase’, apalagi berfungsi menjadi muka dari suatu buku adalah mengagetkan. Dari surfing pagi ini ke situs MDGs Indonesia, sengatan terasa saat mata terpusat langsung ke satu foto yang sangat dikenal.

Biasalah, kalo hasil karya sendiri, walau njepretnya asal-asalan, tetep aja inget lengket banget-banget di memori.

Kalo gak salah, MDGs Indonesia adalah proyek bersama antara BAPPENAS dan UNDP, tentang Tujuan Pembangunan Milenium sebelum 2015.

Nah, ternyata, foto hasil njepret di Pantai Rening, Kabupaten Jembrana, Bali, tahun 2007 lalu dijadikan salah satu foto utama pada buku Summary Report Millenium Development Goals Indonesia 2007 (buku bisa diunduh di halaman Publikasi MDGs). Bukunya sendiri menceritakan tentang: “pencapaian sasaran pembangunan sesuai dengan indikator MDGs sejak tahun 1990 sampai posisi tahun 2007 atau yang terdekat”.

with my soul on the bookFoto, yang diberi judul “With my soul” ini bisa dilihat utuh di Flickr (sila klik disini). Dan sesuai dengan sepakatan hak cipta mengikuti Creative Commons (Attribution – Noncommercial – No Derivative), maka penampilan foto tersebut pada buku yang dimaksud menjadi tidak masalah.

Sebagai tukang foto amatiran, berbekal kamera poket SONY DSC-P73 yang sudah berusia 4 tahun, tentunya senang melihat hasil jepretan dapat tampil di buku yang cukup “bergengsi”…
: )