Tags

, , , , ,


3D LakeBagaimana menghitung volume air danau..? Keluarkan air danau ke suatu wadah baru kemudian dihitung volumenya… he he…

Danau, baik itu buatan ataupun hasil dari suatu bendung dapat dihitung volume air yang terdapat dengan menggunakan modul sederhana pada perangkat lunak ArcView. ArcView adalah pendahulu dari perangkat lunak ArcGIS yang saat ini populer digunakan oleh pemain SIG di Indonesia.

Kembali ke pertanyaan: Bagaimana menghitung volume air danau? Ada dua pendekatan yang bisa dilakukan dan ini tergantung dari data dan atau proses terjadinya danau itu sendiri.

Kasus pertama adalah kelengkapan data kedalaman atau batimetri dari danau tersebut. Jika data ini ada maka persoalan akan menjadi lebih mudah.

Rekan Jimmy A Kadar, dengan menggunakan 3D Analyst dari perangkat lunak ArcView mencoba menghitung volume air danau Cirata yang terletak di Jawa Barat. (Lihat Danau Cirata di Google Maps, klik disini)

Jimmy menggunakan data batimetri yang didapat dari Limnologi LIPI, sehingga perhitungan dapat segera dilakukan. Langkah-langkah pengerjaan dapat disimak pada slide berikut ini:

Pada kasus kedua, kita tidak mempunyai data batimetri dari danau yang ada. Kasus ini ditemui oleh rekan Ahmad Mauliddin saat akan menghitung volume danau Bili-Bili. Danau Bili-Bili terletak di Sulawesi Selatan dan merupakan danau yang terbuat dari hasil membendung sungai, serupa dengan danau Cirata. Sila liat danau Bili-Bili di Google Maps dengan klik disini.

Berhubung tidak ada data batimetri maka pendekatan yang digunakan Ahmad adalah menggunakan data sebelum danau ini terjadi. Artinya adalah dia mencari data topografi daerah Bili-Bili sebelum bendungan dibuat atau diaktifkan. Data topografi yang didapat kemudian didijitalkan ketinggiannya, barulah kemudian diproses dengan 3D Analyst ArcView. Batas danau dapat menggunakan batas saat ini (batas air).

Langkah-langkah proses dapat dilihat pada slide berikut ini:

Jadi, untuk menghitung volume air danau gak perlu menuangkan air danau ke suatu wadah dulu kan..?

: )