Tags

, , , , , , , ,


Suatu hari dibulan April 2008 lalu, saya menyempatkan diri bertemu dengan orang-orang “super sibuk” yang susah banget ketemunya di dunia nyata. Pertemuan sudah dirancang beberapa kali tetapi selalu gagal. Tapi akhirnya berhasil juga ngumpul di salah satu warung kopi di Bogor. Waktu kedatangan hampir bersamaan, dan bertemulah dengan mas Iwan dan kang Syarif.

Langkah pertama adalah pesan-pesan dulu. Berbagai jenis atau varian kopi tersedia di warung itu, dan setelah menentukan yang layak sruput, maka kami segera mojok. Pembicaraan dimulai dengan tanya kondisi masing-masing. Maklumlah, jarang ketemu langsung. Syarif sedang melancong di negeri kincir angin, menyelesaikan pendidikan strata tiga-nya. Iwan sibuk di Bogor dan Indonesia (karena sering juga keluyuran ke berbagai daerah). Dan saya selalu menikmati Bogor-Jakarta dan sesekali keluyuran juga ke berbagai lokasi indah di negeri ini. Jadi, komunikasi yang paling sering adalah via sms atau surel atau messenger.

Pembicaraan juga ngelantur ke (sedikit) nostalgia, karena kami sama-sama pernah berada di lokasi yang sama walau diwaktu yang berbeda. Dan “sedikit berjanji” akan berbuat beberapa hal terkait dengan nostalgia tadi… ehm…

Hal lain yang “rada serius” diobrolkan adalah niatan yang belum terlaksana untuk membuat suatu situs pembelajaran dunia spasial (keruangan) untuk anak-anak. Pernah saya lontarkan ide ini saat laluuu… (sila baca: Bermain dengan ruang). Pada obrolan kali ini banyak ide muncul untuk kembali mewujudkan niatan itu.

Juga muncul ide untuk membuat suatu ruang yang bersifat rujukan. Rujukan tidak resmi (bahasa kerennya: “unofficial”, ehm…) dalam dunia remote sensing dan GIS.

Selama ini sudah ada RSGISForum yang terus menggelinding dengan milisnya. Web-nya ada walau sudah setengah tahun terlantar (hiks…). Para redakturnya lagi ngeluyur mulu sih… hehehe…

Terus, mbuat rujukan “unofficial” apa ni…?

Yang terkemuka saat itu adalah membuat “rsgispedia” (sebut aja gitu dulu). Ini merupakan plesetan dari wikipedia yang merupakan ensiklopedia terbuka. Rsgispedia mempunyai ide yang serupa, yaitu menampilkan semua hal tentang dunia RS dan GIS (dan yang terkait erat dengannya) dalam sebuah wadah wiki. Salah satu definisi wiki adalah:

a wiki is a website that visitors can edit using their browser. Groups can use a wiki to author documents collaboratively. An example is Wikipedia.org , the collaborative encyclopaedia.
(www.economicsnetwork.ac.uk/handbook/web/glossary.htm)

Jadi dengan adanya rsgispedia ini diharapkan dapat terjadi kolaborasi dari semua komponen dalam RSGISForum dalam membangun ensiklopedia dunia RSGIS Indonesia. Banyak sekali istilah dalam RSGIS yang bisa dikumpulkan dalam wadah ini, dengan berbagai keterangan penjelas, taut ke berbagai sumber, dan mungkin ditambahi gambar sebagai ilustrasi.

Apa gunanya..? Tentunya sangat banyak, terutama dalam dunia kerja atau akademis manusia-manusia penyinta keilmuan spasial… hehehe…

Saya akan dengan mudah mengerti arti dari suatu istilah atau kata, dan dapat menambahkan keterangan yang diperlukan saat saya “merasa” ada informasi berguna terkait dengan konten tersebut.

Dan karena bersifat wiki (eh, sejak kapan wiki menjadi kata sifat..?), maka pembangunan dan pengelolaan juga pemantauan dapat kita lakukan bersama. “Kita” disini berarti komunitas. Komunitas disini berarti RSGISForum tercinta.

Kembali ke warung kopi, yang terasa nyaman, karena tersedia hotspot untuk selancaran dan semburan kesejukan udara AC yang… (walah, begini kok namanya warung…). Nyeruput kopi dulu ahhh… (nyeruput kopi panas, sambil selancaran, ruang sejuk, bebas asap rokok…, jangan sirik… hehehe).

Pembicaraan ini bertambah semangat dan sempat masuk ke ranah teknis, yaitu aplikasi yang akan digunakan apa..? Berbagai aplikasi wiki tersedia, tetapi yang simpel dan handal itu yang seperti apa ya..? Satu dua nama muncul, tapi karena masih sekedar ngobrol ya belum ada tinjauan lebih jauh.

Akan diletakkan dimana..? Ya karena akan dilemparkan ke komunitas RSGISForum, maka akan diletakkan di subdomain rsgisforum lah. Mungkin kelak rsgispedia ini punya alamat di wiki.rsgisforum.net. Atau mungkin juga alamat yang berbeda. Belum ada kepastian.

Yang jelas, Iwan dan Syarif dan saya akan berusaha merancang dulu (semoga gak kelamaan, terhitung dari… sekarang..!), kemudian barulah go public.

RSGISpedia, suatu niatan… untuk memperkaya wawasan bersama dan atas keringat bersama, tentunya bersama komunitas. Semoga…

: )