Tags

, , , , , , , , ,


Masyarakat Penginderaan Jauh Indonesia

Masyarakat Penginderaan Jauh Indonesia

Perkumpulan manusia yang mempunyai kesamaan tertentu akan selalu menimbulkan gerak bersama. Gerakan ini selalu dibungkus sedemikian rupa dengan berbagai motivasi dan sasaran tertentu. Bisa untuk peningkatan kapasitas sumberdaya manusianya sendiri ataupun bisa untuk seribu macam keperluan lain.

Jika anda pencinta keilmuan penginderaan jauh (remote sensing), apakah “hanya” sebagai pengamat atau justru praktisi di bidang ini, maka kegiatan yang akan dilakukan salah satu “paguyuban” yang menggunakan data satelit sebagai “mainan”-nya ini pastilah tidak akan terlewat. Sebagian tentunya akan menyempatkan datang ke lokasi pertemuan, tetapi banyak lagi yang (mungkin) belum sempat datang dan menunggu dengan sabar apa saja yang akan terjadi dalam pertemuan itu.

PIT MAPIN ke-16 Banda Aceh

PIT MAPIN ke-16 2007 di Banda Aceh

Tanggal 10 Desember 2008, di Bandung, tepatnya di Aula Timur ITB, akan diadakan Pertemuan Ilmiah Tahunan (yang biasa disebut dengan PIT). Kegiatan ini dilaksanakan oleh Masyarakat Penginderaan Jauh Indonesia (MAPIN, mapin.or.id) Komisariat Wilayah Bandung. PIT kali ini adalah PIT yang ke-17, dan membawakan tema: Kebijakan dan Trend Teknologi Penginderaan Jauh dalam Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan.

Bali Scientific Meeting 2008, Perancak, Bali

Bali Scientific Meeting 2008, Perancak, Bali

PIT MAPIN selalu mengingatkan pada banyak hal, karena disinilah tempatnya “reuni” para pemain inderaja Indonesia. Peserta datang dari berbagai tempat di Indonesia dan yang “mengaku super sibuk” pun menyempatkan diri untuk hadir.

Hal ini terlihat pada dua pertemuan terakhir yang sempet saya ikuti: PIT MAPIN ke-16 di Banda Aceh pada tanggal 10-11 Desember 2007 (berita klik disini), dan Pertemuan Ilmiah BSM2008 di Perancak, Bali, pada 19 Maret 2008 (berita klik disini). Begitu ramainya berkata “halo” dan berakrab-ria sampai terkadang lupa akan waktu. Maklumlah namanya juga “pesta reuni”…

Pertemuan Ilmiah selalu mengasyikkan…

Semoga kali inipun demikian…

: )