Tags

, , , , , , , ,


Negeri kita “memiliki” dua jenis badak dari 5 jenis badak yang ada di dunia saat ini. Kedua jenis badak tersebut adalah Badak Jawa (Javan rhino, Rhinocerus sondaicus) bercula satu (Desmarest, 1822), dan Badak Sumatera (Sumatran rhino, Dicerorhinus sumatrensis ) bercula dua (Fischer, 1814). Keduanya masih dapat kita temukan di tanah air pada habitatnya masing-masing. Badak Jawa terdapat di daerah barat pulau Jawa tepatnya di Taman Nasional Ujung Kulon. Sedangkan badak Sumatera terdapat di pulau Sumatera, Kalimantan dan di hutan-hutan Indochina.

Di Lampung, tepatnya di Taman Nasional Way Kambas, terdapat Suaka Badak Sumatera (dikenal dengan nama SRS). Di TNWK kita bisa saksikan langsung kehidupan badak sehari-hari di suatu area suaka yang terbatas. Beberapa badak yang terdapat disana mempunyai nama: Rosa, Bina, Andalas, Ratu dan Torgamba.

Rekaman film singkat dari Torgamba dan Rosa dapat dilihat pada: Berita dari Suaka Badak Sumatera (sila klik disini)yang merupakan hasil rekaman dari salah satu anggota FBI (Forum Badak Indonesia), mas Koen Setyawan.