Tags

, , , , , , , , , , , , , , , , , ,


Situs-situs pembuka

Situs-situs pembuka

Saat komputer terhubung dengan internet, situs-situs web mana yang dikunjungi ataupun diakses..? Hal sempat kepikiran karena, ternyata, ada situs yang selalu kita kunjungi dan ada juga yang (mungkin) hanya dikunjungi sekali seumur hidup… hehe…

Kali ini saya mencoba melihat yang saya lakukan sendiri, dimulai dari beberapa waktu lalu (halah, gak jelas kapan) hingga hari ini, situs web apa saja yang saya buka saat memulai berselancar di dunia maya.

Saat menyentuh ombak dan memulai selancar, yang dilakukan adalah mengunjungi:

1. Buka dan mengelola surel (pada Tab satu)

Layanan surel utama yang saya gunakan adalah GMail, jadi walaupun mempunyai sekian alamat surel semua bermuara di satu akun yaitu di GMail. Penyatuan akun ini untuk mempermudah kontrol saja tentunya. Saat membalas ya dari GMail juga, tinggal diubah mau dari alamat surel yang mana.

GMail menjadi pilihan utama karena memang asik sih. Cara berpikir pengguna (terutama yang saya rasakan) dipermudah. Jauh dari logika konvensional yang melekat sejak jaman baheula saat surel berbasis web masih “dikuasai” oleh HoTMaiL dan Yahoo.

2. Buka akses komunikasi “bicara” (pada Tab dua)

Menjalankan Yahoo!Messenger ataupun GTalk adalah opsi berikutnya. Sayangnya penggunaan perangkat lunak Y!M tidak selalu mulus (di kantor), entah karena apa. Akhirnya pilihan jatuh ke “pengantar pesan” yang berbasis web. Pilihan pertama adalah membuka Meebo. Alasan pakai Meebo adalah kemampuannya untuk membuka berbagai akun, antara lain di: MSN, Yahoo!, AIM, MySpace, GoogleTalk, ICQ, Jabber, Flixter, Pixzo, Wadja, dan Zorpia sekaligus dalam satu waktu. Kalaupun kita punya akun Yahoo lebih dari satu maka dapat kita aktifkan semua. Beberapa waktu lalu melalui Meebo juga bisa membuka Facebook, tetapi saat saya menulis hari ini akun Facebook tidak bisa dibuka dari Meebo. Membuka sekian banyak akun dan terpampang dalam satu “window” tentunya memudahkan kita mengaturnya, dan menghindari munculnya window-window kecil yang suka bikin ruwet pandangan. Dengan berbasis web, maka kitapun tidak perlu menginstal perangkat lunak di komputer kita. Dari Meebo saya juga bisa mengendalikan Plurk.

Jika gagal dengan Meebo, maka pilihan berikutnya yang juga berbasis web adalah eBuddy. Serupa dengan Meebo, eBuddy bisa membuka beragam akun. Melalui eBuddy kita juga bisa mengaktifkan fasilitas “ngobrol” via jalur Facebook. Perbedaannya dengan Meebo adalah eBuddy akan membuka satu jendela lepas setelah kita login, kemudian semua percakapan akan dikelola dalam jendela lepas tadi.

3. Melihat pertemanan (pada Tab tiga)

Situs pertemanan yang sudah diikuti cukup lama, dan saat ini semakin banyak penganutnya, adalah Facebook. Awal milenium dulu, sempat ikut Friendster, tapi gak pernah aktif. Baru setelah masuk FB terasa cocok untuk bermain disana. Banyak hal yang saya (merasa) bisa dioptimalkan dalam kancah pertemanan dalam FB. Obama pun mengikuti saran saya.

Ada yang mau Add as Friend saya di Facebook..? : )

4. Memeriksa “catetan kecil httsan” (pada Tab empat)

Blog adalah bagian dari kehidupan berselancar. Kegiatan blogging diawali saat milenium mulai bergulir, tetapi baru “jor-joran” sejak akhir 2005.
Dan mengunjungi blog adalah langkah selanjutnya. Segera aktifkan Dasbor di WordPress. Cek komentar SPAM, cek statistik, dan periksa sana-sini. Jika terasa sudah aman makan nyamanlah perasaan. Soal nge-blog (menulis artikel) atau nggak itu soal lain. Karena biasanya saya termasuk golongan BTM alias Blogging Tengah Malam. Menjadi blogger BTM karena banyak hal, terutama adalah nggak kebagian komputer saat jam belum menunjukkan jam 9 malam (karena sudah “dikuasai” para blogger lain di rumah, hehe), sedangkan sejak jam 9 hingga jam 12 adalah saatnya arus selancar lemot banget. Jadi… BTM-lah yang menjadi pilihan…

5. Membuka Tab berikutnya untuk situs lain yang tidak bisa diceritakan satu-satu…

Bagaimana dengan anda..?

: )