Tags

, , , , , , , , , , , , , , ,


Lokasi Pengamatan

Lokasi Pengamatan

Kegiatan tahun 2009 telah dimulai. Tahun ini mempunyai kewajiban “turun ke sawah” untuk dua kegiatan dalam dua Program di tempat tugas. Dan keduanya adalah lanjutan dari yang sudah dimulai pada tahun lalu, 2008.

Tugas pertama adalah melanjutkan pembangunan pustaka spektral untuk tanaman padi. Daerah kajian adalah hamparan sawah di Kabupaten Indramayu, Kabupaten Subang dan Kabupaten Karawang. Kegiatan tahun 2008 adalah perekaman spektral tanaman padi per kelompok umur (sila baca di: “Matahari, nggak pake awan“). Tahun ini akan di-“tajam”-kan lagi dengan membedakan daun sehat dan sakit (terserang OPT tertentu). Kerjasama dengan rekan-rekan di Dinas Pertanian pada masing-masing Kabupaten adalah sangat penting. Juga rekan-rekan dari Balai Besar Peramalan OPT, yang bermarkas di Jatisari, Karawang, karena merekalah ahlinya dalam identifikasi OPT.

Tugas kedua adalah melanjutkan pembumian Teknologi Radar Cuaca dalam rangka peramalan sebaran OPT (Organisme Pengganggu Tumbuhan). Untuk masalah yang satu ini, kerjasama dengan BBPOPT Jatisari dilanjutkan dan memasuki tahun ke-2 (sila baca di: “Lokakarya memadukan makro dan mikro“). Kajian tahun lalu masihlah global, sedangkan tahun ini lebih detil dan hanya melihat beberapa titik pengamatan (18 lokasi hamparan di Kabupaten Karawang).

Belum banyak cerita dari kedua tugas tersebut, karena semua masih dalam tahap awal.

Untuk kegiatan lapang tugas kedua, yang hanya meliput beberapa kecamatan di Kabupaten Karawang, saya membuat situs web kegiatan dengan memanfaatkan fasilitas dari Google Sites, Google Docs, dan Google Maps.

Sila mampir ke situs web kegiatan “radar-opt“…

: )