Tags

, , , , ,


Lagi khusysuk di Sabtu

Sebagian Tim basisdata sedang khusyuk di hari Sabtu

Minggu ini adalah minggu yang melelahkan. Diawali dengan keberangkatan ke Banyuwangi pada hari Minggu lalu (29/03). Walau perjalanan dilalui 2/3-nya dengan kendaraan udara, tapi bagian 1/3 dari perjalanan itu harus dengan kendaraan darat selama 6 jam. Boyok lumayan puegel. Selasa malam akhirnya kembali bisa menikmati kasur empuk di Desa tercinta, Desa Ciparigi Bogor…

Rabu pagi, sesuai jadwal, maka berangkatlah dengan tim lapang ke Karawang. Kegiatan perekaman data lapang di Karawang dalam rangka Program Harimau BPPT sedang berlangsung. Stamina nyawah pun harus siap untuk kurun waktu hampir tiga bulan, walau hanya hari Rabu saja yang “harus” turun ke sawah.

Rabu lalu, bertepatan dengan tanggal 1 April, mendapat berita (seolah) serupa dengan kebiasaan tanggal 1 April, yaitu April Mop. Saat di sawah desa Lemahabang ditelepon untuk segera siap terlibat dalam kegiatan TI KPU. Bener nih..?

Mmm… bukan bukan, ini bukan bagian “penting dan huebatnya” TI KPU itu…, tetapi (mungkin) hanya sebagai pelengkap dan pemanisnya saja. Penugasannya yaitu mempersiapkan WebGIS untuk Pemilu 2009 sebagai bagian dari yang akan ditampilkan oleh TI KPU.

Wow, tinggal berapa hari lagi Pemilu dilaksanakan…? Kalo nggak salah akan dilaksanakan pada Kamis tanggal 9 April 2009 (untuk sebagian besar wilayah Indonesia, tidak semuanya). Oalah.. betapa mendadaknya..!

Tugas dadakan dari atasan adalah “segalanya”, katanya… Tidak ada alasan “tidak siap”, karena (mungkin) dianggap lima tahun lalu sudah pernah melakukan hal yang serupa dan (alhamdulillah) lancar.

Kegiatan nyawah hari Rabu itu jadi nggak konsen lagi. Sore segera balik ke Ciparigi, istirahat, untuk kembali ke Thamrin hari Kamis esokmya.

Kamis pagi, saat masuk di Lab, semua rekan sudah siap dengan tugas (atau rencana tugas) yang harus segera dilaksanakan. Saat rapat, dibahas berbagai skenario dan kemungkinan yang dapat dilakukan untuk waktu yang hanya tinggal seminggu. Akhirnya didapat kata sepakat, yang sarat dengan pertimbangan teknis tentunya, untuk beberapa skenario. Tim segera dibagi dan segera fokus pada tugas masing-masing. Pembangunan basisdata spasial adalah pekerjaan yang paling rumit dan besar. Hal ini karena banyaknya perubahan data dibandingkan dengan data tahun 2004. Pemekaran wilayah adalah masalah utama, dan banyak masalah spasial yang ditemukan disini. Pembagian Daerah Pemilihan (Dapil) tentunya mengacu pada kondisi terakhir.

Tugas tim basisdata sangat menentukan kualitas data spasial yang akan diproses selanjutnya. Dan tim lain yang sudah menunggu adalah tim tataletak (layout) dan pembangunan data mapping. Tim ini baru bisa bekerja saat basisdata sudah siap, dan… sudah terbayang melelahkannya… hehe…

Tim lain yang segera bergerak adalah Tim Pemrograman dan Sistem. Tugasnya membuat aplikasi berjalan sesuai dengan skenario yang akan disajikan pada pengguna. Pemrograman bukan hal yang sulit, tetapi tidak mungkin terhindar dari kesalahan proses. Sehingga nanti saatnya sistem berjalan harus dilakukan kontrol kualitas dengan seksama. Ini dijadwalkan satu-dua hari terakhir sebelum aplikasi menjalankan tugas sebenarnya nanti. Tim Pemrograman dan Sistem bekerja paralel dengan Tim Tampilan Web.

Konsekuensi dari tugas dadakan ini adalah… Sabtu dan Minggu warna angka pada penanggalan berubah, tidak merah lagi… dan jam kantor pun akan memungkinkan tim menyaksikan gemerlap ibukota dari ketinggian lantai 20… alias pulang maleeem… (itu kalo pulang).

Saya sendiri rada optimis semua bisa terlaksana, mengingat hal yang serupa pernah dilakukan pada tahun 2004. Personil yang terlibat pun sebagian adalah tim webgis 1999 dan juga 2004 (baca: WebGIS Pemilu). Sehingga dari sisi “tekanan pekerjaan” dan irama kerja serta kerja tim (team-work) sudah dapat diandalkan.

Suasana yang membedakan adalah waktu persiapan yang hanya seminggu… Tidak terbayangkan untuk mempersiapkan pekerjaan ini hanya dalam waktu seminggu. Ini mendebarkan dan membuat cepatnya aliran adrenalin…

Yang menjadikan pemacu untuk terus melaju adalah semangat pengabdian yang sesuai kompentensi, dilandasi pengalaman tentunya… (suer… tim tidak melihat reward, sesuatu yang belum pernah dibicarakan, tetapi hanya kerja dan kerja).

Semoga diberi kelancaran dan kemudahan oleh Nya… dan hasilnya dapat berguna bagi semua (terutama dunia spasial di Indonesia). Mohon dukungan rekan semua.

Guys… Don’t Crack Under Pressure (kata iklan jam tangan jadul…)

Semoga…

: )