Tags

, , , , , , , , , , ,


Mengintip daun padi

Mengintip daun padi

Seminggu di hamparan sawah sangat mengasyikkan. Apalagi sembari menyaksikan pemandangan kesibukan para petani dan buruh tani dalam memanen hasil padinya. Saatnya panen raya tampaknya…

Kegiatan kali ini adalah lanjutan dari kegiatan tahun lalu, yaitu perekaman spektral tanaman padi (baca di: Matahari, nggak pake awan). Tetapi tentunya mempunyai target yang berbeda. Target kali ini adalah perekaman kondisi daun padi dengan membagi dalam kondisi: daun sehat dan daun “sakit”. Pengertian sakit disini adalah daun bergejala terserang oleh OPT (Organisme Pengganggu Tumbuhan), dengan diutamakan yang terserang oleh BLB (Bacterial Leaf Blight, atau Hawar Daun Bakteri atau penyakit kresek) dan BRS (Bacterial Red Stripe).

Lokasi perekaman adalah di Karawang (Kecamatan Cilamaya Wetan dan Tempuran) dan di Indramayu (Kecamatan Krangkeng). Cerita perjalanan dan hasil akan ditulis kemudian (semoga gak lupa… hehe…), sedangkan foto-foto di lapang, saat mengintip daun padi, dapat dilihat berikut ini:

Untuk melihat foto di Google Maps, sila klik disini.
Untuk melihat foto di Google Earth, sila klik disini.

Tim lapang kali ini adalah Fauziah AlHasanah, Lisa Nisfi Afifah (BPPT), Lilik Retnowati, Cahyadi Irwan, H. Wahyudin (BBP OPT), Nandang Nurdin (Dinas Pertanian Kabupaten Indramayu), dan driver berkemampuan GPS, pak Bambang…😀

Terimakasih untuk tim yang telah bekerja keras dan solid banget…!

: )

Cerita terkait: