Tags

, , ,


Magnetix

Magnetix dan Bornimago

Hari Sabtu dan Minggu adalah hari untuk keluarga, niatnya begitu. Niat yang selalu diniatkan agar niat tersebut terlaksana. Tidak selalu berjalan mulus, karena banyak sekali alasan klise orang tua yang tidak terbantahkan oleh anak-anaknya… Dari Senin hingga Jumat hanya bertemu saat matahari telah tenggelam, dua hari yang tersisa masih juga terabaikan…

Untuk “menebus dosa” yang selalu dibuat tersebut, sekali dua, sang Bapak yang “sok sibuk” harus terjun langsung bersentuhan dengan obyek permainan sang krucil. Kali ini bermain dengan Magnet.

Jaman dahulu kala, saat sang Bapak masih jadi anak-anak, bermain magnet sangat mengasyikkan. Magnet didapat dari bagian belakang speaker yang sudah gak terpakai. Kadang juga dari sisa dinamo pembangkit listrik untuk lampu sepeda. Magnet dimainkan dengan kreasi sendiri, dan tidak perlu pengetahuan dasar mengenai kutub magnet untuk bisa menikmati “banyak keanehan” si benda ajaib ini. Saat dua magnet didekatkan hanya ada dua kemungkinan, saling menjauh atau saling mendekat dengan cepat.

Permainan lain lagi juga didapat dengan “memancing pasir”. Caranya adalah dengan meletakkan magnet di pasir atau tanah tempat air hujan jatuh dari talang. Pasir-pasir kecil berwarna hitam akan tertarik dan menempel di magnet. Saat dipisahkan dan diletakkan di atas kertas putih, dan magnet diletakkan di bawah kertas tersebut, maka akan dapat dibentuk “tarian” pasir yang sangat menarik. Dengan menggerakkan magnet kian kemari maka si pasir akan bergerak juga seolah menari.

Bentukan dari Magnetix

Bentukan dari magnet Bornimago

Jaman sekarang permainan yang serupa telah diganti dengan bermacam rupa menarik. Ada dua macam merek permainan magnet yang ada di rumah. Magnetix dan Bornimago. Keduanya mempunyai bentuk yang serupa, hanya ukurannya saja yang berbeda. Bentuk yang ada adalah bulatan seperti kelereng yang terbuat dari logam, dan satu bentuk lagi adalah bentuk semacam pipa yang berisi magnet. Dari dua bentuk inilah, yang mempunyai jumlah cukup banyak dalam satu kotaknya, dapat dibentuk bermacam-macam sesuai keinginan pemainnya.

Bentuk yang dihasilkan antara lain bermacam binatang (kupu-kupu, kepik, kelelawar, dll), bangunan gedung dan rumah, menara, bermacam tulisan, dan lain-lain lagi. Semua dapat dibuat dengan merangkaikan silinder magnet (yang berwarna macam-macam) dengan logam bulat sebagai konektor sudut.

Saat membangun menara, kekuatan konstruksi sangat ditentukan dari bentuk rangkaian dasar. Bentukan segi empat akan lebih lemah dibandingkan dengan bentukan dari segi tiga. Bentukan segi tiga akan lebih banyak menghabiskan material dan mengakibatkan bangunan menara tidak terlalu tinggi. Pertimbangan-pertimbangan sederhana diperlukan, dan inilah asiknya. Pemain bisa memilih, menara seperti apa yang akan dihasilkan: tinggi tapi rapuh, atau tidak tinggi tetapi kuat.

Kobinasi warna dari silinder juga menentukan keindahan hasil akhir.

Magnetix @ Wiki

Magnetix @ Wiki

Magnetix RoseArt (buatan Italy) dan Bornimago (China) menyajikan beberapa contoh hasil kreasi pada kotak kemasannya. Pemain dapat mencontoh atau membuat sendiri bentukan sesuai keinginan. Lebih jauh tentang Magnetix sila baca di Wikipedia (klik disini)

Harga per kemasan magnet sesuai dengan jumlah bola dan silinder magnet, dan memang cukup mahal, walau tidak sampai nilai 100 ribu. Harga yang lebih murah dibandingkan dengan asyiknya bermain dengan krucil di rumah…

: )