Tags

, , , , , ,


Milis RSGISForum berumur 9 Tahun per 3 Juni 2009

Milis RSGISForum berumur 9 Tahun

3 Juni 2000 adalah tanggal yang tercatat pada eGroups awal terbentuknya milis rsgisforum-net. Alamat milis saat itu adalah rsgisforum-net@egroups.com. Sesaat kemudian saat Yahoo! mengakuisisi eGroups menjadi bagian dari Yahoo!Groups, maka alamat milis pun berubah menjadi rsgisforum-net@yahoogroups.com.

Dalam bulan Juni 2000, anggota milis ini hanya berjumlah belasan. Tarcatat anggota “tertua” (setelah creator, tentunya, ehm…) adalah mbak Atiek yang bertugas CGIAR. Dalam catatan Yahoo!Groups, mbak Atiek terdaftar pada 13 Juni 2000, dan status emailnya masih aktif.

Pertumbuhan jumlah anggota tidaklah fantastis, tetapi semakin lama batas “atas” dan “bawah” semakin besar. Anggota berasal dari semua kalangan yang mempunyai latarbelakang sangat beragam. Selain keberagaman latarbelakang, juga keberagaman profesi dan juga dasar keilmuan dalam bidang Remote Sensing dan GIS.

Di milis bisa kita temui rekan kita yang mengetahui RSGIS baru “beberapa hari” dan juga bisa ditemui yang “sudah karatan”… Menariknya adalah diskusi yang terlontar dapat dan selalu ditanggapi oleh semua, tanpa batasan “umur” tadi… Sang “profesor” bisa berdiskusi dengan “sang bayi” tanpa ada batasan saling sungkan.

Topik diskusi juga sangat lebar. Dari mulai sangat teknis hingga sangat bijak (maksudnya sisi kebijakan nasional dan dunia). Semua selalu ada yang menanggapi dengan positif. Hal ini tentunya membuktikan bahwa anggota milis selalu mempunyai beragam pendapat dan juga kemauan untuk selalu berbagi, apakah hal itu berupa dukungan ataupun sanggahan, dimana keduanya merupakan bahan pengayaan bagi anggota semua.

Keberagaman anggota, dan kebiasaan berinteraksi melalui dunia maya, tidak mengurangi kepedulian dalam dunia nyata. Hal ini dibuktikan dengan adanya beberapa pertemuan kopdar dan diskusi-diskusi warung kopi antaranggota. Salah satu puncaknya adalah saat terjadi bencana Gempa dan Tsunami di Aceh pada Desember 2004. Milis membentuk sebuah aksi yang diberi nama inisiatif RSGISForum (sila lihat situsnya, klik disini). Suatu kegiatan yang membuktikan efektifitas bekerja “tanpa batas”. Maksudnya adalah anggota bisa saling berbagi tanpa perlu melihat si A dari mana dan si B dari mana. Semua satu dalam niat dan kerjasama yang apik sekali. Sebagian dari anggota yang terlibat tentunya masih ingat bagaimana harus begini dan begitu dalam waktu singkat dan bebas birokrasi penghalang. Semua bekerja tanpa imbalan apapun kecuali kepuasan dapat saling berbagi untuk sesama dengan kegiatan nyata.

Kegiatan inisiatif ini pernah saya tulis tahun 2006 dengan judul Tanggap Darurat Berbasis Komunitas (sila klik disini).

Hari ini, Rabu, 3 Juni 2009, sembilan tahun sudah perjalanan milis.

Saya sangat berharap milis masih bisa memberikan yang terbaik bagi anggotanya, dan juga tentunya bagi dunia RS dan GIS di Indonesia.

Tidak lupa terimakasih yang buesar untuk para penjaga gawang alias co-moderator yang telah menghabiskan pulsa internetnya untuk memoderatori milis ini, yaitu: mas Laju Gandharum, mas Ketut Wikantika, mas Gempur, mas Armaiki, dan mas Iwan Setiawan.

Salam hangat selalu…
: )