Tags

, , , , , , ,


flickrpicasa

flickr - picasa

Menyimpan gambar atau foto-foto di situs web yang menyediakan layanan gratis telah dilakukan sejak lama. Banyaknya fitur dan kemudahan pengoperasian serta kehandalannya menjadi pertimbangan utama dalam memilih.

Dari berbagai “percobaan”, akhirnya hanya dua provider saja yang menjadi andalan dalam menempatkan foto-foto di web. Kedua layanan ini adalah Flickr dari grupnya Yahoo! dan Picasaweb milik Google.

Flickr membatasi jumlah foto untuk layanan free yang hanya membolehkan maksimum 200 foto yang dapat ditayangkan, walaupun kita dapat mengunggah lebih dari 200 foto. Di flickr saya mempunyai dua akun, agar foto yang dapat dilihat lebih dari 200, ehm… akal-akalan gratisan…

Sedangkan Picasaweb membatasi dari sisi kapasitas total yaitu 1 Gigabita, terserah kita berapa jumlah foto yang akan kita unggah. Disini saya mempunyai (juga) beberapa akun.

Keduanya memberi kemudahan dan keunggulan masing-masing, yang sangat menarik bagi para penggunanya.

Meletakkan foto dikeduanya, terkadang merepotkan untuk mengunjunginya dengan mudah. Apalagi mengingat adanya beberapa akun pada keduanya. Untuk itu saya memanfaatkan fasilitas dari Google, yaitu sites.google.com, dimana kita bisa membuat halaman situs kemudian mengisinya dengan memanfaatkan bermacam gadget yang ada, termasuk gadget untuk menampilkan foto yang ditempatkan di Flickr dan Picasaweb dari berbagai akun yang ada. Maka beberapa album dari banyak tempat dapat disatukan…

Hasilnya dapat dilihat di: Album Foto httsan.

: )