Tags

, , , , , , , ,


monetizing blog bersama blogor

monetizing blog bersama blogor (photo by Fajar Suyamto)

Hari ini cukup istimewa, karena baru kali ini saya ikutan ngobrol serius tentang konten blog dengan sesama blogger. TKP-nya adalah di Bogor EduCare, Jalan Cikiray, Sukaraja Bogor (klik untuk lihat peta). Kesempatan kali ini diisi oleh kang Dian dan kang Iman. Keduanya adalah kawula Blogor yang memang hidup didunia blog dan blogging.

Babak pertama diisi oleh kang Dian, dan disini disuguhkan mengenai bisnis di internet. Cara berpikir di dunia bisnis internet pun (ternyata) harus disiasati agar sukses dalam melangkah. Beberapa teknis operasi dalam manghasilkan dari blog juga dipaparkan, seperti: program periklanan (PPC – Pay per Click, PPR – Pay per Review, TLA – text link ads, PPD – Pay per Download), menjual produk orang lain (afiliasi) dan produk sendiri, bagaimana menjual blog dan mengikuti kontes blog, juga program donasi.

Selain metoda langsung seperti yang telah disebut diatas, ada juga metoda tidak langsung dalam menghasilkan dari blog. Dicontohkan oleh sang mentor adalah blog yang berisi tentang keilmuan atau kekhususan, sehingga pengunjung akan mengacu atau meminta pemilik blog sebagai narasumber atau memesan sesuatu karena tulisan-tulisan tersebut.

Beberapa tips menarik juga disampaikan, seperti melakukan perencanaan dan amunisi yang tepat untuk menentukan topik penulisan serta judul tulisan. Juga bagaimana menyajikan materi dan memasarkan blog agar dikenal target pasar.

Babak pertama usai, diisi dengan maksi bersama.

Sesi kedua, kang Iman memulai tentang SEO (Search Engine Optimization). Disini dijelaskan apakah yang dimaksud dengan SEO, dan apa pentingnya bagi blog atau web kita. SEO adalah salah satu cara untuk mengoptimalkan website agar tampil diposisi terbaik di search engine (Google atau yang lain).

Dijelaskan juga bagaimana cara optimasi blog dengan melakukan pengubahan kode tertentu di script (on page), pengubahan format permalink, dan penggunaan meta tags. Juga bagaimana kita memanfaatkan off page, yaitu dengan building link popularity, google page rank, dan anchor text optimization.

Untuk percobaan optimasi dengan SEO, peserta mencoba membuat blog baru dengan keywords I love Bogor 1306012 (yang saya coba adalah copy-an dari posting halaman ini).

Hari ini, hanya beberapa jam, serasa membaca beberapa buku sekaligus…

Terimakasih kang Iman dan kang Dian, juga untuk peserta yang selalu berbagi pengalaman.

: )