Tags

, , , , , , ,


Lampu darurat (dari berbagai sumber)

Sudah dua dijit tahun tinggal di seputaran Thamrin saat siang hari, suara sirine sudah sangat tidak menarik perhatian. Apalagi teriakan massa bersepanduk yang selalu hilir mudik baik dengan jalan kaki berombongan atau dengan kendaraan umum dengan rute populer Bundaran HI – Istana Merdeka. Dari segala kesibukan di jalan utama, jantung ibukota, ada yang selalu (masih) menarik perhatian, yaitu lampu darurat (hazard lights, atau apalah namanya) yang digunakan oleh banyak pihak dan (juga) selalu berseliweran di Thamrin.

Lampu darurat (sebut saja demikian) ini menarik karena dari masa kemasa selalu berubah bentuk dan kilaunya. Dan tentunya selalu melekat di kendaraan khusus seperti mobil polisi, ambulance, pemadam kebakaran, dan mobil angkutan khusus (truk angkutan uang milik Bank Indonesia, ataupun truk angkutan barang, dll).

Warna dominan lampu darurat yang sering ditemui di Indonesia adalah merah, biru, dan kuning. Modelnya bermacam-macam. Ada yang seolah berputar pada sumbunya, padahal yang berputar adalah reflektornya saja, seperti pada lampu di ambulance. Ada juga yang berbentuk persegi panjang, biasanya dipasang di atap mobil patroli/pengawalan polisi atau petugas jalan tol.

Pertanyaan yang kemudian muncul adalah: apa arti dari masing-masing warna yang digunakan..? Apakah asal pakai saja, ataukah masing-masing mempunyai arti khusus..?

Dari obrolan dengan rekan, yang pernah menggunakan lampu darurat di atap mobil jeep dinasnya, diketahui bahwa masing-masing warna mempunyai arti dan kegunaan sendiri. Contohnya warna kuning, biasanya dipakai di kendaraan yang sifatnya statis (berhenti) untuk memberi tahu agar kendaraan lain berjalan pelan atau hati-hati. Kondisinya bisa seperti pemberitahuan sedang ada perbaikan jalan di jalan tol.

Masih menurut rekan tadi, warna biru adalah warna yang setingkat lebih tinggi, dimana kondisi harus lebih diperhatikan oleh pengguna lain. Biasanya dipakai oleh petugas kepolisian di mobil patrolinya. Sedangkan warna merah adalah warna yang memberitahukan bahwa kondaraan ini sedang dalam tugas khusus sehingga harus diutamakan dalam segala kondisi. Contohnya adalah penggunaan oleh mobil pemadam kebakaran. Pada kondisi sangat darurat bahkan dibolehkan berjalan melawan arus lalin ataupun menerabas marka larangan melintas.

Karena penasaran dengan ketentuan sesungguhnya, segera berselancar dengan Google. Dan dari Wikipedia dituliskan bahwa belum ada kesepakatan resmi internasional mengenai warna dan arti dari lampu darurat. Hampir di tiap negara mempunyai aturan tersendiri.

Di Australia tidak hanya tiga macam, bahkan terdapat enam macam warna lampu darurat. Merah menandakan situasi yang terkait dengan hidup/mati manusia seperti yang digunakan oleh ambulance, pemadam kebakaran, tranpor organ tubuh atau darah oleh Palang Merah. Warna amber (kuning sawo) biasanya dipakai truk atau mobil angkutan khusus. Hijau digunakan oleh satuan khusus seperti polisi hutan atau pengontrol binatang. Biru digunakan oleh kendaraan darurat pada umumnya, seperti mobil polisi, pemadam kebakaran, dan ambulance (dikombinasikan dengan warna lain). Selain itu ada juga warna magenta dan putih.

Di negara-negara Eropa lebih umum digunakan warna biru dibandingkan warna merah. Di Inggris penggunaan warna biru pada lampu darurat dapat berarti kendaraan tersebut dibolehkan menggunakan lajur dan jalur sesuai keperluan saat itu (sekalipun berlawanan arah) dan dapat menerabas marka larangan.

Bagaimana dengan di negara Asia..? Di Jepang penggunaan warna merah pada lampu darurat biasanya digunakan oleh polisi dan pemadam kebakaran. Warna kuning/amber digunakan oleh kendaraan teknis ataupun petugas penjaga jalan (Japan Highway Public Corporation). Sedangkan warna biru untuk kendaraan petugas keamanan.

Adakah regulasi khusus mengenai warna lampu dan pengguna yang diperbolehkan menggunakannya di Indonesia? Mungkin ada, tetapi saya belum menemukannya.

Yang pasti, warna lampu darurat yang kita kenal di negeri ini, merah – kuning – biru, tidak ada kaitannya sama sekali dengan warna pengenal partai politik…

: )