Tags

, , , , ,


Mengamati aktifitas komunitas daring (online) asik juga. Apalagi yang terkait dengan komunikasi cepat melalui media jejaring sosial seperti Facebook, Plurk, Twitter, dan lain-lain. Khusus mengenai Twitter, “mainan” ini sudah menusuk ke segala macam kepentingan publik, baik yang santai ataupun yang serius.

Belajar dari beberapa minggu terakhir dalam mengamati aktifitas di Twitter, saya akan mencoba untuk memanfaatkan Twitter sebagai media diskusi keilmuan. Hal ini timbul dari mengikuti beberapa tweeple seperti Goenawan Mohamad yang ber-“kicau” melalui tweets-nya mengenai sejarah Kota Baghdad melalui media Twitter, sepertinya asik juga. Tentunya hal ini juga sudah dilakukan oleh banyak orang dengan berbagai latar belakang dan keilmuan.

Saya akan mencoba dengan tweet mengenai Konsep Dasar GPS. Dalam tweets ini akan saya coba terangkan sejarah dan konsep dasar serta kelebihan dan kekurangan GPS secara populer, artinya menghindari bahasa teknis, agar dapat dipahami dengan cepat.

Mmm… saya sendiri bukan ahli GPS, hanya pengguna GPS yang setia, dan hanya tahu sedikit. Tetapi yang menjadi konsen saya adalah berbagi dengan media “yang baru bagi saya” yaitu Twitter, dan jika berguna maka bisa dikembangkan lebih lanjut dengan hal-hal lain terkait dengan remote sensing dan Sistem Informasi Geografis.

Sekali lagi, ini murni ingin mencoba media “jejaring sosial ringan” dalam berbagi pada siapa saja yang memerlukan.

Bagaimana mengikutinya..?

  • Bagi pemain Twitter, silakan follow di @httsan, tentunya anda bisa berinteraksi disana sesuai dengan standar di Twitter.
  • Bagi peselancar non Twitter, silakan akses http://twitter.com/httsan

Kapan waktunya..?

  • Hari Rabu, 1 September 2010 (mohon perhatian bagi pembaca yang membaca setelah tanggal ini)
  • Waktu: jam 13:00 sd 14:15 WIB (semoga tak ada halangan…)

Materi..?

  • Konsep dasar GPS
  • Hal-hal yang harus diketahui pengguna
  • Tidak membahas detil teknis dan per merk GPS, hanya secara umum saja.

Level peserta..?

  • Untuk peminat dan pemakai GPS yang (maaf) pemula.
  • Untuk pemakai yang sudah tingkat lanjut, semoga ada Tweeple ahli GPS dapat melanjutkan kelak. Tapi kalau mau membantu ngelirik boleh aja, jadi kalau saya ada salah kata bisa dikoreksi…

Ohya, bagi anda yang belum pernah bersentuhan dengan Twitter, ada beberapa tulisan blog yang bisa dibaca dahulu:

Bagi pengguna ponsel, bisa diikuti melalui http://m.twitter.com

Atau jika fasilitas hape minimalis (saya pakai SonyEricsson K618i, versi jadul) bisa unduh perangkat lunak berbasis Java dari GetJar.com. Ada bermacam perangkat lunak pendukung twitter yang tersedia disana. Yang saya pakai adalah PavoMe.

Twitter lebih sederhana dari Facebook, jadi.. mari kita coba untuk berbagi, dimulai dari yang sederhana…

: )