Tags

, , , , , , , , ,


kartuelektronik

Kartu elektronik

Mengucapkan Selamat Lebaran dengan menggunakan kartu pos adalah sejarah. Penggunaan telegram indah pun tinggal cerita. Bagi generasi muda sekarang, penggunaan alat komunikasi untuk mengirim ucapan adalah lebih lazim dilakukan.

Pengiriman SMS dan MMS dalam memberikan ucapan menjadi kebiasaan jamak. Apalagi dengan “ketergantungan” sebagian “kecil” masyarakat kita dengan teknologi bawaan perusahaan RIM Canada melalui produk BBM-nya. BBM sangat memudahkan dalam mengontak sesama pengguna alat yang sama, dengan ucapan yang semakin berbusa panjang lebar indahnya tanpa tambahan pulsa berlipat.

Lalu, bagaimana dengan mengirimkan ucapan melalui media web..? Pada suatu masa pernah dikenal produk yang bernama e-card, alias electronic card. Ini adalah program yang berjalan di server web, melayani pengiriman kartu elektronik. Kartu elektonik pada versi web ini adalah gambar (dalam format dijital, biasanya jpg, gif, atau png) dan bergambar dan bertuliskan sesuai dengan momen yang ada. Momen ini bisa ulang tahun, hari kelahiran, hari besar agama, ataupun momen yang lain.

Pemanfaatan kartu elektronik versi web saat ini tampaknya mulai ditinggalkan. Hal ini dikarenakan ada kepraktisan lain yang ditemukan, yaitu melalui media sosial seperti Facebook, misalnya. Dengan Facebook, kita bisa dengan mudah menge-tag rekan2 dan kemudian yang di-tag langsung memberikan respon. Hal ini praktis karena tanpa perlu cek email dan cek halaman kartu di alamat web tertentu yang dirujuk dari pemberitahuan email tadi. Walau jika kebanyakan di-tag maka serasa menerima spam juga… “mengotori” dinding… hehe…

Tanpa bermaksud menentang arus “kepraktisan” tadi, saya mencoba kembali menggunakan kartu elektronik via web dengan memanfaatkan script jadi, dan penggunaan banyak foto. Foto yang digunakan adalah foto hasil sendiri yang telah terpublikasi melewati album foto daring Picasaweb dan Flickr.

Foto-foto yang ditampilkan dibagi menjadi beberapa kategori, antara lain: landscape, animals, outdoors, dan buildings. Yang dilakukan Pengguna cukup

  1. datang ke web, pilih gambar yang disukai,
  2. lalu isikan nama pengirim, alamat tujuan, dan ucapan.
  3. Pengiriman kartu dapat dilakukan saat itu juga atau diatur tanggal pengirimannya.

bagi rekan-rekan yang mau mencoba atau bahkan memanfaatkan, silakan dicoba ke alamat: hartantosanjaya.name/kartu-e.

Mengirim kartu elektronik itu kuno..? Mmm… mungkin juga…

Tapi, semoga (masih) berguna…

: )