Tags

, , , ,


Sebaran teman via Latitude

Sebaran teman via Latitude

Berbagi lokasi personal melalui Google Latitude (GL) bukanlah hal aneh lagi. Bagi yang punya akun GL tentunya punya rekan berbagi lokasi.

Berbagi disini tentunya bersifat personal, artinya tidak semua orang bisa mengetahui lokasi kita dimana saat itu. Kecuali jika kita membuatnya “public” dengan menampilkan lokasi kita sebagai “badge” pada web, misalnya.

Sejak menggunakan GL secara lebih serius, bukan untuk memata-matai siapapun (ehm), ada yang menarik saat seputaran mudik lebaran.

Yang tampak menarik adalah avatar yang biasanya bergerombol dalam radius tertentu, karena memang tempat tinggal atau kerja rekan yang di seputaran Jabodetabek, kali ini berbeda. Beberapa avatar bergerak menjauh dan menyebar. Kebanyakan menyebar di Pulau Jawa, ada sebagian menyeberang laut.

Ini tentunya dikarenakan pergerakan personal dalam rangka mudik lebaran. Lokasi kunjungan mudik dengan mudah terpantau (walau tidak selalu pada titik sebenarnya). Disadari atau tidak, hal ini membuat saya membayangkan banyak lokasi dan peristiwa yang terjadi di sana dengan tingkat kepadatan manusia pemudiknya…

Dan jika rekan yang mudik tersebut “orang spasial“, tentunya akan lebih asik lagi… (baca: “Jika orang spasial pulang kampung“).

Pada saat tulisan ini dituangkan, adalah saat arus balik mengalir… Dalam satu-dua hari kedepan para “avatar” tadi tentunya mempunyai sebaran yang berbeda lagi. Kebanyakan darinya akan kembali “bergerombol” di seputaran Jabodetabek… hehe…

Selamat mudik dan balik kembali, rekans… Semoga keselamatan beserta kalian, juga tentunya adalah kebahagiaan dan semangat untuk menjadi yang lebih baik lagi selepas Ramadhan.

: )