Tags

, , , , ,


Danau di kaldera gunung api purba (Google Maps).

Negeri ini kaya akan gunung api dan juga gunung api purba. Salah satu gunung api purba terdapat di pulau Bali, dan kalderanya menjadi salah satu bentuk keindahan alam yang luar biasa. Kaldera gunung api purba itu menjadi tempat dari tiga buah danau, yaitu danau Beratan, danau Tamblingan, dan danau Buyan.

Akhir tahun 2011 saya berkesempatan menikmati keindahan danau di kaldera purba ini. Danau Tamblingan dan danau Buyan hanya sempat dinikmati dari jauh pada ketinggian view point dengan ditemani oleh banyak kera liar yang bersahabat. Sedangkan danau Beratan (sebagian lagi menuliskannya dengan: Bratan, tanpa huruf “e”) sempat menikmati dalam jarak dekat.

Tiap pencinta wisata nusantara pastilah sudah pernah mendengar tentang “Pura Bedugul”, dan dengan gampangnya dapat kita cari melalui images.google.com untuk mendapatkan gambarnya yang indah. Pura ini mempunyai nama “sebenarnya” adalah Pura Ulun Danu. Sebagian dari bangunan pura terletak terpisah dari daratan, pada dua buah daratan kecil, dan inilah yang selalu hadir dalam foto tentang pura ini. Dipisahkan beberapa meter dari daratan oleh air danau Beratan menjadikannya indah untuk dilihat wisatawan.

Tidak hanya keunikan itu tentunya, kondisi alam sekitar sangat membantu memperindah tampakan dari bangunan pura ini. Danau Beratan yang selalu dihadiri oleh kabut menjadikan nuansa yang sangat indah. Apalagi jika sinar matahari menerobos kabut pada waktu menjelang sore hari, keindahan tampakan pada lokasi tersebut sangat dinantikan.

Dengan ketinggian sekitar 1240-an meter dari rerata muka air laut, temperatur sekitar tentunya cukup dingin, dalam rentang belasan derajat Celcius. Kehadiran kabut yang tak henti-henti cukup mendinginkan sekaligus menghangatkan badan. Saat angin bertiup tentunya badan akan merasa dingin, sebaliknya saat tiada angin bertiup maka kabut justru menghangatkan.

Kehadiran kabut di permukaan danau menjadikannya obyek fotografi menarik sebagai “teman” dari pura yang memang sudah cantik.

Pura Ulun Danu di danau Beratan, Bedugul, Bali.

Menurut cerita penduduk sekitar, yang berjualan di pinggir jalan, Bedugul memang tidak seramai tempat wisata lainnya di Bali. Wilayah ini cenderung hanya sebagai daerah lintasan dari kota Singaraja di pantai Utara Bali, ke daerah lainnya di Selatan (atau sebaliknya). Penikmat biasanya hanya hadir dalam hitungan jam kemudian pergi. Atau bahkan hanya sekedar istirahat dan menghangatkan badan dengan makan bakso sambil menikmati pemandangan danau yang indah.

Di desa Candikuning, yang berdekatan dengan danau Beratan, banyak terdapat penginapan. Dari Hotel kelas tinggi hingga penginapan kelas melati yang cukup baik. Salah satunya adalah Ashram yang mempunyai rate sangat terjangkau dan berposisi sangat strategis dalam menikmati keindahan danau. Pun tak jauh dari pura Ulun Danu, dan juga dari lokasi penduduk atau tempat makan (restoran ataupun warung makan).

Bagi wisatawan yang beragama Islam, di desa Candikuning banyak terdapat masjid, dan tentunya tempat makan halal. Ini karena di tempat tersebut salah satu yang mempunyai komunitas muslim cukup besar. Adanya tempat makan berlabel halal ini tentunya memudahkan kaum muslim dalam menikmati makanan lokal sambil menikmati indahnya suasana dan dinginnya udara.

Menikmati suasana Bedugul…

Akhir tahun merupakan salah satu waktu yang menyenangkan bagi pencinta durian. Durian lokal (katanya sebagian besar dari daerah Singaraja), apalagi yang jatuhan, sangatlah nikmat. Beberapa menyerupai durian monthong impor dari sisi kecilnya biji dan tebalnya daging serta manisnya rasa. Walau dari segi dimensi durian lokal cenderung lebih kecil dari pada durian monthong. Tetapi untuk di desa Candikuning ini, kehadiran durian hanya bisa ditemui disiang hingga sore hari.

Menikmati durian di tengah kabut asik juga tampaknya… : )

Lokasi:

W: lokasi wisata Pura Ulun Danu, danau Beratan, Bedugul, Bali.

*/—–

Terimakasih untuk Isal dan gerombolannya (hehe…) yang telah mengundang ke Bedugul.
Ohya, bagi yang akan travelling di Bali, bisa kontak mas Budi (08155744683) yang bisa antar kemana saja dengan aman dan nyaman… (iklan-dot-com).